Google Turut Merayakan Pesta Rakyat Demokrasi Melalui Pemilu 2019 Google doodle Pemilu Indonesia 2019. (Foto: Google)

ADA yang beda dan menarik saat kamu membuka tampilan Google kemarin. Ya, kemarin situs Google turut menyambut hari yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, yaitu Pemilu 2019. Tampilannya kali ini bernuansa situasi Pemilu 2019 yang terjadi dibanyak TPS, atau mungkin bahkan disemua TPS.

Gambar doodle menampilkan enam orang yang seakan mewakili keberagaman di Indonesia. Keberagaman ini nampak terlihat mulai dari ragam dan rentan usia, agama, suku dan profesi. Mereka tengah berbaris sembari menggenggam lima lembar surat suara dengan warna berbeda, siap untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

pemilu 2019
Google juga memberikan grafis tentang cara pencoblosan.

Selain itu, hanya dengan meng-klik gambar, Google juga menjelaskan cara memilih untuk masyarakat yang telah memiliki hak pilih sebagai panduan singkat. Terdapat juga cara memastikan untuk terdaftar sebagai pemilih tetap dan apa yang harus disiapkan untuk menuju Tempat Pemungutan Suara atau TPS agar meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Pemilihan Umum 2019 diselenggarakan untuk melakukan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden negara Republik Indonesia.

pemilu 2019
Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan contoh surat suara Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (10/12). (Foto: Antara/Reno Esnir)

Dua pasang calon akan tersaji dalam lembar surat suara yakni nomor urut 01 Joko Widodo yang duet dengan Ma'ruf Amin serta nomor urut 02 Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. Serta puluhan ribu caleg itu telah terdaftar dalam 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus untuk di Provinsi Aceh. Seluruh caleg akan bertarung untuk memperebutkan 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD.

Sepertinya, membuat doodle yang selalu berkaitan dengan momen-momen spesial di Indonesia maupun di dunia, sudah menjadi tradisi dari situ Google. Seolah serach engine populer ini selalu turut memeriahkan acara spesial dan juga untuk turut menunjukan kepedulian kepada siapa saja yang sedang merayakannya. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo