Google Siapkan Dana Rp107 miliar Untuk Perangi Hoaks Tentang Virus Corona Google siapkan dana ratusan miliar untuk perangi hoaks terkait virus corona (Foto: pixabay/photomix-company)

SAAT pandemi virus Corona yang berpotensi mematikan,dibutuhkan informasi yang akurat. Karena itu, google mengatakan akan menyediakan USD6,5 juta atau sekitar Rp107 miliar untuk perangi informasi hoaks di seluruh dunia, seputar virus Corona.

Seperti yang dilansir dari laman endgadget, Inisiatif tersebut lantaran google melihat banyaknya masalah dalam penyampaian informasi. Banyak informasi yang salah beredar luas di jagat maya.

Baca Juga:

Virus Corona Bisa Dideteksi Lewat Suara dengan Aplikasi Ini?

Sebagai salah satu contoh, Google News Initiative akan meningkatkan dukungannya untuk First Draft. Organisasi itu telah membantu jurnalis meliput pandemi dengan menyediakan pusat sumber daya online tentang virus Corona, serta pelatihan dan simulasi krisis.

Dana Rp107 miliar itu digunakan google untuk mencegah hoaks terkait virus corona (Foto: pixabay/firmbee)

Bagian dari pendanaan baru itu pun akan digunakan untuk pengecekan fakta online seperti Full Fact dan Maldita.es.

Menurut Google, organisasi-organisasi itu akan memfokuskan upaya mereka pada negara-negara Eropa seperti Italia, Spanyol, Jerman, Prancis dan Inggris. Semua negara tersebut dikonfirmasi memiliki sejumlah kasus COVID-19 tertinggi.

"Mereka akan memperkuat para ahli, berbagi tips dan mengurangi penyebaran hoaks yang berbaya," ucap Pihak Google.

Ditempat lainnya, Google akan bekerjasama dengan Meedan, jurnalisme online dan pakar kesehatan masyarakat, untuk mengembangkan basis data untuk membantu wartawan.

Lalu Google pun akan bereksperimen dengan cara terbaik, dalam menampilkan halaman pemeriksaan fakta khusus di bagian COVID-19 dari Google News.

Baca Juga:

Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Batasi Konten Sensitif?

Selain Google, berbagai pihak lainnya pun turut melakukan upaya pencegahan hoaks terkait virus Corona (Foto: pixabay/mohamed_Hassan)

Selain Google, pemerintah juga berupaya mengatasi masalah hoaks tersebut. Seperti halnya pada bulan Maret, Pemerintah Inggris menyatakan akan menyediakan USD632 ribu atau sekitar Rp10 miliar untuk perangi hoaks terkait virus Corona. Sebagian dari dana tersebut masuk ke influencer media sosial.

Aksi pendanaan google dan pemerintah Inggris tersebut mungkin tak dapat mengatasi masalah virus Corona sepenuhnya, tetapi setidaknya bisa menyelamatkan nyawa.

Selain itu, perusahaan teknologi raksasa seperti Samsung dan Sony turut mengumumkan upaya untuk membantu selama pandemi COVID-19. Seperti halnya Sony yang menyiapkan dana USD100 juta untuk membantu staf medis garis depan dan siswa yang belajar dari rumah karena virus Corona. (ryn)

Baca Juga:

Cantiknya Rica Andriani, Istri Kapolsek Kembangan yang Pernikahannya Viral

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH