Google Shopping untuk Bantu UMKM Google Shopping (Foto: Ist)

GOOGLE tak mau ketinggalan dalam perkembangan ekonomi digital. Belum lama ini Google meluncurkan Google Shopping, sebuah platform yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) dengan para konsumen. Google Shopping juga akan memudahkan pembeli dalam mencari informasi belanja baik online ataupun offline.

"Di Indonesia, ekosistem pedagang sangat besar dan itu adalah sesuatu yang sangat menarik bagi kami, karena dalam Google shopping kami berada dalam bisnis menghubungkan pedagang semua ukuran, besar dan kecil, dengan pembeli yang mencari produk," ujar Director of Product Management Google Shopping, Amit Deshpande, di Jakarta, seperti dilansir Antaranews.com, Rabu (20/11).

Baca juga:

Pastikan Gaya Hubunganmu dan si Dia Sehat, ini Tandanya

Google Shopping buatan Google (Foto: Ist)
Google Shopping buatan Google (Foto: Ist)

Laman utama Google Shopping diberi nama Shopping Homepage yang dibuat agar pengguna bisa melihat rekomendasi produk relevan. Dengan begitu pengguna bisa membeli ulang produk yang sering dibeli atau melanjutkan riset belanja. Tak hanya itu pengguna juga bisa memilih untuk melakukan pembelian di toko terdekat atau lewat e-commerce seperti Bukalapak, Shopee atau Tokopedia.

"Google Shopping memungkinkan pengguna untuk menelusuri toko seperti yang mereka lakukan ketika mereka sedang berjalan di pasar atau di pusat perbelanjaan," kata Deshpande.

Baca juga:

Amerika Hadapi Fenomena Kehancuran Retail, Bagaimana dengan Indonesia?

Google Shopping akan memudahkan UMKM berjualan (Foto: Ist)
Google Shopping akan memudahkan UMKM berjualan (Foto: Ist)

Dengan Google Shopping, Google berharap bisa membuka peluang untuk toko online besar ataupun kecil. Apalagi toko bisa memasang penawaran di Google Shopping secara gratis. Jika igin memasang produknya, yang dilakukan hanyalah memasukan informasi bisnis dan produk toko di akun Google Bisnisku.

"Pendaftaran gratis untuk setiap pedagang online, mereka tidak perlu membayar apa pun untuk listing di Google Shopping. Dan, dengan membantu daftar toko secara gratis, baik toko offline atau toko online gratis, kami memperluas peluang bagi toko-toko ini untuk memperluas peluang," tambah dia." ujarnya.

Baca juga:

Samsung Mematenkan Teknologi Touch Screen


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH