Google Play Music akan Ditutup September 2020, Ada Apa?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 05 Agustus 2020
Google Play Music akan Ditutup September 2020, Ada Apa?
Google Play Music akan ditutup bulan September(Foto: pixabay/firmbee)

KABAR kurang mengenakan datang dari Google. Saat ini Google sudah masuk pada tahap akhir untuk menghentikan layanan pemutar musiknya, Google Play Music. Penutupan akan dimulai pada bulan September 2020 mendatang.

Negara pertama yang terkena penutupan Google Play Music ialah Australia dan Selandia Baru. Sementara secara global aplikasi tersebut akan dihentikan di bulan Oktober 2020.

Baca Juga:

Twitter Terancam Didenda Rp3,6 Triliun

Dengan ditutupnya Google Play Music, pengguna tidak akan dapat lagi melakukan streaming lewat aplikasi Google Play Music. Selain itu, streaming lewat website pun akan dihentikan.

Para pengguna diminta untuk menstrasnfer semua musik dan data kluar dari Google Play Music (Foto: ubergizmo)

Para pengguna nantinya akan diberikan waktu hingga bulan Desember 2020, guna mentransfer semua musik dan data keluar dari layanan itu. Kabarnya, sejak bulan Mei lalu ada yang menawarkan alat transfer untuk pengguna yang beralih dari Google Play Music ke YouTube Music.

Kemudian, dengan alat itu kamu bisa mentransfer seluruh lagu-lagu yang sudah diunduh dari Google Play Music, daftar putar lagu yang dibuat, pembelian lagu, streaming lagu yang sudah disimpan ke perpustakan, serta data tentang kebiasaan pengguna untuk mendengarkan lagi lagu tersebut. Setelah bulan Desember nanti, seluruh data akan dihapus.

Baca Juga:

Microsoft Tunda Akusisi TikTok

Seperti yang dilansir dari laman endgadget, ada sejumlah perubahan yang tak diumumkan dari aplikasi produk musik Google. Google dikabarkan menghapus sepenuhnya musik dari Google Play Store.

Hal itu berarti Google tak mempunyai tempat bagi para penggunanya untuk membeli musik secara langsung, seperti iTunes Store pada Apple.

Para pengguna disarankan untuk mentransfer data dari Google Play Music ke YouTube Music (Foto: pixabay/pacific24)

Karena itu, untuk pengguna yang masih suka menyimpan lagu-lagu ketimbang streaming, sudah tak bisa lagi membeli dari google. Para pengguna bisa membelinya dari layanan lain, kemudian dapat diunggah ke YouTube Music.

Kabarnya penutupan Google Play Music itu akan berlangsung sampai akhir Agustus 2020. Namun sayangnya google tak mengumumkan tanggal pasti untuk perubahan tersebut.

"Bila kamu telah menggunakan Google Play Music, kini saatnya untuk mencadangkan data kamus sekarang, baik mentransfernya ke YouTube Music atau memastikan itu tidak hilang pada akhir tahun," jelas Google. (Ryn)

Baca Juga:

Huawei Geser Samsung dan iPhone dalam Angka Penjualan Smartphone Global

#Teknologi #Music #Musik #Google Play Store #Google
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan