Google Minta Karyawannya Berbagi Meja untuk Potong Anggaran

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 24 Februari 2023
Google Minta Karyawannya Berbagi Meja untuk Potong Anggaran
Rencana akan berlaku bagi seperempat karyawan Google. (Foto: Unsplash/Greg Bulla)

KARYAWAN Google agaknya harus saling bekerjasama di masa depan. Google meminta karyawannya untuk saling berbagi meja dengan rekan kerja lain demi memangkas anggaran perusahaan. Rencananya, wacana tersebut bakal diberlakukan bagi karyawan Google Cloud.

Bila memang benar-benar akan diterapkan, maka aturan tersebut akan memengaruhi sekitar seperempat dari total staf Google. Jadi, mekanisme berbagi meja yang dimaksud adalah, perusahaan meminta karyawan untuk memilih hari WFO (Work From Office), antara Senin dan Rabu atau Selasa dan Kamis, demikian seperti diberitakan Techspot, Kamis (23/2),

Baca juga:

Inilah Google Doodle dari Masing-masing Negara yang Ikut Piala Dunia

Tidak boleh ada barang pribadi di atas meja karyawan Google Cloud. (Foto: Unsplash/Austin Distel)

Melalui cara demikian, karyawan akan saling berbagi meja dengan rekan kerja mereka yang lain. Dua karyawan akan menggunakan meja sama hanya pada hari yang berbeda saja. Jadi, tiap karyawan tidak akan bisa mempersonalisasi meja karyawan lain, karena itu merupakan meja bersama.

Sementara, bagi staf yang masuk ke kantor di luar hari yang sudah ditentukan, mereka tetap dapat bekerja namun pada ruangan berbeda.

"Melalui proses pencocokan, mereka akan menyepakati pengaturan meja dasar dan menetapkan norma dengan mitra meja dan tim mereka untuk memastikan pengalaman positif di lingkungan bersama yang baru," kata perwakilan Google menjelaskan.

Baca juga:

Mengenal Google Collection, Fitur Baru yang Resmi Diluncurkan Hari Ini

Karyawan diminta memilih hari untuk bergantian jadwal WFO. (Foto: Unsplash/Shridhar Gupta)

Program desk-sharing akan diperkenalkan di lima lokasi Google Cloud terbesar di AS, antara lain Kirkland, Washington; New York; San Fransisco; Seattle; dan Sunnyvale, California.

Bagaimanapun, hal ini mungkin tak sesuai dengan cara kerja sejumlah orang, terutama dalam hal bekerja di kantor. Beberapa orang mungkin lebih suka bila meja kantor mereka tidak digunakan oleh karyawan lain, karena ada banyak benda personal di sana. Meja menjadi salah satu area pribadi di kantor.

Dalam menyiapkan penerapan wacana itu, Google berencana untuk membuat satu orang kepala yang akan bertanggung jawab terhadap sekitar 200-300 karyawan. Tujuannya ialah agar mereka dapat memastikan tidak ada barang pribadi di atas meja dan kebersihan ruang kerja tetap terjaga. (waf)

Baca juga:

Google Resmi 'Membuang' Stadia?

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan