Google Meriahkan Hari Jadi Musik Hip-Hop dengan Doodle Google doodle. (Foto: Google)

MUSIK hip-hop genap berusia 44 tahun pada Jumat (11/8). Tak disangka-sangka, situs pencari Google turut meramaikan hari jadi musik yang ngetren di era 80-an itu lewat doodle.

Doodle tersebut dapat diklik. Ketika diklik, Anda akan langsung melihat animasi yang mengisahkan sejarah hip-hop. Musik hip-hop lahir pada 11 Agustus 1973 di Bronx, New York. Penemunya adalah Clive Campbell yang biasa dipanggil DJ Kool Herc. Kunci musik hip-hop yang digagas DJ Kool Herc terletak pada penggunaan dua turntable dan break yang diperpanjang.

Turntable. (Foto: Google)

Saat itu ia memeragakannya di sebuah pesta sekolah. Seiring dengan berjalannya waktu, musik hip-hop didukung pula dengan gerakan tari yang disebut breakdance. Beda dengan tari tradisional yang luwes, breakdance dibawakan dengan gerakan yang terlihat kaku.

Selain breakdance, ada pula unsur MC yang bekerja menambahkan ritme dengan musik. Uniknya doodle Google, animasi tersebut tak hanya menceritakan sejarah hip-hop. Namun juga diakhiri dengan sebuah permainan yang mengajak pengguna Google mixing sendiri lagu hip-hop.

Pada permainan tersebut, Google menyediakan animasi dua turntable dan tutorial singkat cara memainkannya. Asyik, lho. Anda juga bisa mencobanya sendiri. (*)

Google selalu mengangkat tema berbeda pada doodle. Pada Mei 2017 lalu, mereka bercerita tentang Ferdinand Monoyer. Anda dapat membaca informasinya di sini: Google Pasang Doodle Ferdinand Monoyer, Siapa Dia?


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH