Google Meet Free Bedurasi Maksimal 60 Menit Per Oktober 2020 Pengguna gratis nantinya hanya bisa melakukan pertemuan selama 60 menit saja. (Foto: La Tercera)

GOOGLE menyampaikan bahwa layanan meeting video Google Meet free akan dibatasi maksimal hanya 60 menit saja untuk pengguna per 1 Oktober 2020.

Hal ini selaras dengan pernyataan Google April 2020 lalu yang mengizinkan seluruh pengguna Google dapat melakukan pertemuan (video) dengan waktu tak terbatas hingga 30 September 2020.

Baca juga:

Tampil Keren Saat Zoom Meeting Itu Bisa Banget

Hal itu dipastikan Google kepada The Verge, mengatakan bahwa raksasa teknologi itu tidak memiliki apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promo dan fitur lanjutan yang akan berakhir. Sebelumnya, Google membatasi jumlah peserta hanya mencapai 100 orang juga tanpa batas waktu pertemuan.

Google Meet Free Bedurasi Maksimal 60 Menit Per Oktober
Google meet hanya bisa diikuti 100 orang. (Foto: PCMag Asia)

Pada 30 September, Google Meet juga akan menghentikan akses ke fitur-fitur canggih untuk pelanggan G Suite dan G Suite for Education.

Semua itu termasuk rapat hingga 250 orang, live streaming hingga 100 ribu orang dalam satu domain, dan kemampuan untuk menyimpan rekaman rapat ke Google Drive.

Fitur tersebut biasanya hanya tersedia bagi pelanggan di tingkat perusahaan untuk G Suite, dengan biaya USD 25 atau sektiar Rp373 ribu per bulan.

Selain itu, ada pula layanan Google Meet berbayar yang dinamakan G Suite Essentials yang dikenakan tarif USD 8 atau sekitar Rp118 ribu. Dengan layanan ini, pengguna dapat melakukan panggilan video hingga 300 jam dengan jumlah maksimal 150 orang.

Google Meet Free Bedurasi Maksimal 60 Menit Per Oktober
Google meet hanya bisa diikuti 100 orang. (Foto: PCMag Asia)

G Suite Essentials juga dilengkapi dengan fitur akses masuk dengan nomor telepon internasional, dukungan standar dalam berbagai bahasa, hingga penyimpanan Google Drive sebesar 100 GB untuk satu pengguna.

Baca juga:

3 Hal Ini Membuatmu Terlihat Tidak Profesional Ketika Meeting di Zoom



Beberapa waktu lalu, Google mengumumkan kehadiran fitur baru di Google Meet, yakni dapat diakses melalui layar TV. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan dukungan dari Chromecast yang tersambung ke TV, Smart Displau, termasuk TV Pintar berbasis Android.

Selama masa pandemi COVID-19, Google Meet dan platform konferensi video lainnya berusaha mengejar peningkatan Zoom. Google Meet sendiri melewati 100 juta peserta setiap hari pada April 2020.

Google Meet Free Bedurasi Maksimal 60 Menit Per Oktober
Google Meet berusaha mengejar peningkatan Zoom. (Foto Metro)

Tenggat waktu yang ditetapkan Google Meet berarti bagi pengguna yang tidak ingin mengupgrade ke paket premium atau berbayar, Mereka harus membatasi panggilan rapat hingga 60 menit. (and)

Baca juga:

Messenger Rooms Resmi Meluncur, Akankah Zoom Tergeser?

Kredit : andreas_pranatalta

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH