Teknologi

Google Maps Tingkatkan Fitur AR 'Live View', Intip Kecanggihannya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 03 Oktober 2020
Google Maps Tingkatkan Fitur AR 'Live View', Intip Kecanggihannya
Google Maps tingkatkan fitur AR 'Live View' (Foto: techcrunch)

GOOGLE Maps terus memperbarui dan meningkatkan fitur AR 'Live View' dengan kemampuan baru, seperti menunjukkan lokasi relatif dari landmark dan lokasi yang lebih akurat untuk pin.

Menurut pengumuman di blog resmi Google, Live View awalnya diluncurkan pada Mei lalu dengan menggunakan kamera ponselmu untuk memandumu secara visual di sepanjang rute yang diarahkan panah dan pin besar.

Baca Juga:

Fitur Baru Google Maps Bisa Lacak Lokasi Rawan COVID-19

Live View tampilkan landmark terdekat, dan arah menuju kesana akan ditampilkan di layar ponsel (Foto: techcrunch)

Seperti dilansir laman Engadget, saat ini Live View kian ditingkatkan dengsnmenampilkan juga landmark terdekat. Selain itu, Lokasi landmark dan arah yang kamu perlukan untuk menuju ke sana akan ditampilkan pada layar ponselmu.

Misalnya, fitur itu mungkin menunjukan arah dan jarak ke Empire State Building untuk membantu kamu berorientasi di New York City.

Fitur tersebut mencakup landmark ikonik lainnya dan hal-hal seperti taman-taman lokal atau tempat wisata di sekitar tempat tersebut.

Google pun mengintegrasikan fitur Live View ke tab petunjuk arah transit. Ini akan berguna bila kamu hanya berencana berjalan kaki untuk sebagian dari rute ynag kamu pilih. Seperti bila kamu naik angkutan umum, kemudian berjalan ke tempat tujuanmu.

Bulan lalu, fitur berbagi lokasi Live View tersedia untuk pengguna Google Pixel. Sebentar lagi, berbagi lokasi pun akan tersedia untuk semua pengguna Android dan iOS.

Ketika seorang teman membagikan lokasinya denganmu, cukup ketuk ikon mereka lalu ketuk Live View untuk melihat lokasi dan jarak mereka.

Baca Juga:

Google Maps akan Hadirkan Desain Baru yang Lebih Detail

Google Maps membuat lokasi lebih akurat dengan mempertimbangkan ketinggian suatu tempat (Foto: techcrunch)

Bila seseorang berbagi pin denganmu, Google Maps telah bekerja untuk membuat lokasi pin lebih akurat, dengan mempertimbangkan ketinggian suatu tempat.

Jika kamu pengguna Live View biasa, kamu akan tahu bahwa lokasi pin sebenarnya dalam mode ini terkadang tidak aktif. Di daerah perbukitan, pin sering kali melayang tinggi di atas tujuanmu.

Namun Google berjanji untuk memperbaikinya dengan menggunakan kombinasi pembelajaran mesin dan peta topografi yang lebih baik untuk menempatkan pin tepat di tempat yang seharusnya.

Adapun beberapa landmark baru yang akan hadir di Google Live View, yakni di Amsterdam, Bangkok, Barcelona, Berlin, Budapest, Dubai, Florence, Istanbul, Kuala Lumpur, Kyoto, London, Los Angeles, Madrid, Milan, Munich, New York, Osaka, Paris, Praha, Roma, San Francisco, Sydney, Tokyo, Wina dan akan lebih banyak lagi di wilayah lainnya. (Ryn)

Baca Juga:

Google Maps Hadirkan Fitur Bepergian Aman saat Pandemi COVID-19

#Google #Google Maps
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan