Teknologi

Google Maps Bisa Jaga Orang-orang Terkasih

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 03 Januari 2023
Google Maps Bisa Jaga Orang-orang Terkasih
Google Maps mentrek orang-orang terdekat. (Foto: Unsplash/Henry Perks)

FUNGSI Google Maps adalah menunjukan dan membawa penggunanya pada titik wilayah tertentu. Aplikasi ini banyak digunakan orang saat ini.

Menurut laman The Sun, ternyata fungsi lain dari Maps tak melulu menunjukan wilayah tertentu. Google Maps mampu menjaga orang-orang terkasih penggunannya. Memantau dalam artian positif agar keamanan dan kenyamanan mereka tetap dapat terjaga.


Baca Juga:

Tips Terlindungi dari Penipuan Phishing dan Sniffing di Telegram

maps
Google Maps memberikan arahan pada lokasi. (Unsplash/CardMapr.nl)

Dengan menggunakan location tracking, kamu dapat melihat apakah orang yang kamu sayangi aman dalam perjalannya, misalnya menuju rumah.

Namun yang harus diperhatikan kamu mendapatkan izin memantau dari orang-orang yang kamu kasihi. Sebab ada aturan memantau orang tanpa izin termasuk dalam pelanggaran privasi meskipun itu orang yang kamu sayangi.

Dengan pemberian izin dan pemenuhan beberapa sisi hukumnya, kamu dapat menjaga orang-orang yang kamu kasihi tetap aman. Sharing lokasi orang yang kamu kasihi sebenarnya dapat kamu lakukan juga ada aplikasi chat Whatsapp. Demikian juga pada Google Maps yang memungkinkan melakukan aktivitas tersebut.

Cara berbagai lokasi melalui iPhoen atau iPad dapat dilakukan jika orang yang kamu kasihi memiliki Google Account. Jadi kamu tinggal memasukan Gmail address pada Google Contacts kamu.

Kemudian buka aplikasi Google Maps pada ponsel kamu lalu tap profile pictures dam pilih Location Sharing. Setelah itu tap tombol Share Location.


Baca Juga:

Kejahatan Siber Diprediksi Masih Mengancam UMKM pada 2023

maps
Google Maps memberikan rasa aman. (Pexels/Ingo Joseph)

Kamu kemudian dapat membuat berapa lama akan men-share lokasi dan kepada siapa kamu mau berbagi.

Kamu dapat mencontreng sebanyak-banyaknya kontak yang ada dalam ponsel kamu, tak terbatas. Setelah itu kamu tap tombol Share pada iPhone kamu. Nanti orang-orang yang sudah kamu pilih tadi akan menerima pemberitahuan untuk trek kamu.

Sementara pada ponsel Android, langkah awal sama dengan pengguna iPhone. Kemudian pilih Location Sharing, lalu tap tombol Share Location.

Kamu harus memberikan izin pada Maps untuk mengakses kontak yang ada. Lalu kamu memilih berapa lama men-share lokasi dan pilih kontak yang akan kamu anggap dapat mentrek posisi kamu.

Share dari Google Maps ini tak bisa dilakukan pada komputer (PC). Hanya saja pada PC masih dapat melakukan pemantauan pasif dengan mendonlot Google Maps versi desktop. (psr)


Baca Juga:

Menunggu Kedatangan iPhone Layar Lipat

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan