Tekonologi

Google Maps akan Hadirkan Desain Baru yang Lebih Detail

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 23 Agustus 2020
Google Maps akan Hadirkan Desain Baru yang Lebih Detail
Google maps hadirkan desain baru yang lebih detail (Foto: pixabay/depanker70)

SALAH satu aplikasi navigasi terpopuler di dunia, Google Maps, tengah didesain ulang untuk memudahkan para penggunanya membedakan fitur-fitur alam di lingkungan.

Pembaruan itu membuat pengguna bisa membedakan pegunungan es, gurun, pantai atau hutan lebat. Seperti yang dilansir The Verge, Google mengatakan peta baru akan tersedia di 220 negara.

Baca Juga:

September, Facebook akan Hilangkan Desain Lama secara Permanen

Wilayah yang akan didukung peta baru di Google Maps mulai dari wilayah metropolitan terbesar, hingga kota kecil di perdesaan. Google juga menjelaskan peta jalan akan semakin detail di kota-kota tertentu.

Google mengatakan pihak mereka menggunakan citra satelit sebagai dasar untuk peta yang didesain ulang. Selain itu, mereka jga sudah menerapkan teknik algoritma pemetaan warna baru.

Google hadirkan fitur-fitur baru yang lebih detail pada Google Maps (Foto: the verge)

Hasil akhirnya dari perubahan desain itu, yakni menunjukkan perbedaan yang lebih baik antarfitur-fitur alam, seperti antara puncak bersalju dan hutan lebat atau lapangan hijau dan pantai berpasir.

Sebuah imaji perbandingan memberikan gambaran tentang kemampuan teknik pemetaan warna yang baru. Seiring dengan perubahan yang dilakukan pada alam, Google pun membuat peta jalan yang lebih detail di kota-kota tertentu.

Baca Juga:

App Store Terancam Dilarang di Tiongkok, Apple akan Kehilangan Pasar Besar?

Sebelumnya, peta hanya menunjukan jalan besar seperti di New York, San Francisco dan London. Nantinya, Google Maps akan dilengkapi penjelasan jalan yang berbeda, seperti jalan raya, trotoar, penyebrangan, dan pulau pejalan kaki.

Google mengatakan desain baru menunjukkan bentuk dan lebar jalan tertentu untuk diukur. Namun, Google bukanlah satu-satunya perusahaan yang mencoba membuat peranti lunak navigasinya lebih detail dan akurat.

Google Maps akan membuat sejumlah jalan lebih detail. (Foto: the verge)

Pada tahun lalu, Apple juga meluncurkan pembaruan desain untuk aplikasi Maps mereka. Pembaruan besar-besaran itu meningkatkan jumlah detail yang ditampilkan di kota-kota. Pembaruan tahun sebelumnya bahkan telah meningkatkan jumlah detail alami di peta mereka.

Terkait desain detail baru pada Google Maps, Google mengatakan peta fitur alam yang lebih mendetail akan diluncurkan mulai minggu ini di seluruh dunia. Google juga menambahkan bahwa kamu perlu memperkecil untuk melihatnya.

Sementara itu, desain jalan yang ditingkatkan untuk New York, San Francisco dan London akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Setelah itu, pembaruan akan dilakukan di lebih banyak kota. (Ryn)

Baca juga:

TikTok Berantas Ribuan Video yang Mengandung Ujaran Kebencian

#Teknologi #Google Maps
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan