Google Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil Dengan aplikasi baru ini ponsel kamu langsung menelpon ambulans begitu mendeteksi kecelakaan (Foto: Pixabay/Pixel-mixer)

PRODUK Apple Watch telah menyelamatkan banyak nyawa lewat salah satu fitur canggih yang dimilikinya. Adalah fitur yang bisa mendeteksi kondisi penggunanya ketika mengalami kecelakaan. Apple Watch mampu mendeteksi keadaan penggunanya jika terjatuh atau tidak sadarkan diri dalam jangka waktu semenit. Kemudian, secara otomatis gawai berupa jam pintar itu akan menghubungi ambulan via nomor darurat.

Baca juga:

Google Assistant Kini Bisa Bacakan Pesan Dari Aplikasi 'Chat' di Ponsel

Google Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil
Aplikasi ini nampaknya dibuat Google untuk menandingi fitur Apple Watch (Foto: XDA-developers.com)

Nampaknya Google akan membuat aplikasi serupa. Aplikasi tersebut dinamakan Personal Safety. Bedanya, aplikasi tersebut berfungsi untuk mendeteksi kecelakaan mobil. Dilansir laman XDA Developers, Google tak sengaja membocorkan aplikasi ini bersamaan dengan Pixel 4.

Dari bocoran tersebut, Personal Safety nantinya secara langsung terpasang pada Pixel 4. Menurut gambar, Personal Safety dapat mendeteksi kecelakaan menggunakan lokasi, sensor gerak dan suara yang didapat oleh ponsel Pixel.

Google Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil
Deskripsi dalam aplikasi Personal Safety (Foto: XDA-developers.com)

Artinya aplikasi ini nantinya akan bekerja apabila pemilik berhenti secara mendadak. Bahkan dalam deskripsi Personal Safety tertulis, hantaman keras dapat mengaktifkan deteksi kecelakaan mobil.

Nampaknya fitur Personal Safety juga mampu mendeteksi bunyi seperti suara kaca pecah atau hantaman keras. Hampir serupa dengan Alexa Guard yang mampu mendengar apabila ada pencuri yang masuk ke rumah.

Apabila Personal Safety mendeteksi bahwa pengguna mengalami kecelakaan, ponsel langsung bergetar sambil memainkan alarm dengan suara maksimal.

Baca juga:

Aplikasi ini Wajib Ada di Ponsel saat Traveling Ke Luar Negeri

Google Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Kecelakaan Mobil
Personal Safety akan mengeluarkan notifikasi ini ketika mendeteksi kecelakaan (Foto: XDA-developers.com)

Jika tidak ada yang merespon alarm dan getaran tersebut, ponsel langsung secara otomatis menelepon nomor bantuan darurat yang sebelumnya telah diatur. Apabila aplikasi ini salah mendeteksi, penggunanya cukup menekan tombol 'I'm OK' yang muncul di layar ponsel.

Dilansir dari laman The Verge, Personal Safety nampaknya hanya dapat digunakan di ponsel Pixel 4. Bahkan untuk pengguna Pixel 4 di AS saja. Namun hal tersebut belum dapat dipastikan. Seharusnya informasi soal aplikasi ini akan diumumkan pada acara Google Pixel 4 yang diadakan 15 Oktober 2019. (sep)

Baca juga:

Tandingi Apple Arcade, Google Resmi Luncurkan Play Pass


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH