Google Doodle Peringati Hari Perempuan Sedunia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 08 Maret 2021
Google Doodle Peringati Hari Perempuan Sedunia
Menampilkan beberapa prestasi yang dilakukan perempuan. (Foto: ZEE5)

SAAT buka laman awal Google Senin (8/3), kamu akan disambut dengan doodle yang menampilkan dua telapak tangan saling menggenggam dan menyerupai huruf ‘O’. Demikian diungkap Google. Ya, setiap 8 Maret, kita akan memperingati Hari Perempuan Internasional atau Internasional Women’s Day (IWD). Hari ini diperuntukkan untuk pencapaian sosial, ekonomi, dan budaya perempuan.

Jika gambar tersebut diklik, Google menyertakan sebuah video yang merangkum berbagai aktivitas perempuan saat ini, mulai dari menyanyi, bidang sains, sampai mengikuti pemillu. Di awal sampai akhir video, Google sengaja menyoroti tangan perempuan yang menandakan bahwa mereka bisa melakukan segala aktivitas.

Thumbnail video yang dipasang juga merepresentasikan sebuah penghormatan kepada para pahlawan perempuan yang mencetak sejarah. Tangan yang mengudara seolah membuka pintu bagi perempuan lain di generasi berikutnya.

“Hari Perempuan Internasional hari ini memperingati perjalanan yang dilakuan oleh para perempuan. Menyoroti perintis perempuan yang telah menantang status quo dan membuka jalan dalam pendidikan, hak-hak sipil, sains, seni, dan banyak lagi,” sebut Google Doodle.

Baca juga:

Rayakan Hari Ibu, Google Doodle Ajak Kamu Bikin Kartu Ucapan Virtual

Google Doodle Peringati Hari Perempuan Sedunia
Marie Curie. (Foto: Influential Women)

Google juga memeringati sosok perempuan yang telah mencapai prestasi penting, sebut saja seperti Marie Curie, perempuan pertama peraih hadiah Nobel di bidang sains. Selain itu, ada juga Madam CJ Walker yang menjadi perempuan pertama di dunuia yang memperoleh lebih dari US$1 juta atau sekitar Rp14 miliar lewat bisnisnya di 1910.

Mengutip laman IWD, tema perayaan Hari Perempuan Sedunia kali ini bertajuk Choose to Challenge atau ‘Memilih untuk Menantang’. Tema itu diangkat dengan harapan dapat menantang dan menyerukan tentang bias dan ketidaksetaraan gender, serta merayakan pencapaian perempuan. Individu dan organisasi diundang untuk mengirimkan foto #ChooseToChallenge mereka di Hari Perempuan Internasional 2021.

Baca juga:

Inilah Google Doodle dari Masing-masing Negara yang Ikut Piala Dunia

Google Doodle Peringati Hari Perempuan Sedunia
Mengusung tema Choose to Challenge. (Foto: IWD)

Hari Perempuan Internasional pertama kali diusulkan pada 1908, ketika 15.000 perempuyan berunjuk rasa di New York City, AS. Mereka menuntut gaji yang lebih baik, jam kerja yang lebih pendek, dan hak mengikuti pemillu. Sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional (NWD) pertama diperingati di seluruh AS pada 28 Februari 1909.

Hari Perempuan Internasional dirayakan untuk pertama kali di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss pada 19 Maret 1911. Lebih dari 1 juta perempuan dan laki-laki menghadiri demonstrasi pertama IWD untuk berkampanye soal hak perempuan. (and)

Baca juga:

Siapa Marie Thomas yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

#Hari Perempuan Sedunia #Gaya Hidup
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan