Google dan Apple Tindak Aplikasi Terkait Virus Corona Aplikasi terkait corona ditindak (Foto: Pixabay/Pexels)

VIRUS corona masih menjadi perbincangan di semua kalangan. Hal itu karena virus yang berasal dari Provinsi Wuhan, Tiongkok ini telah menewaskan ribuan jiwa yang tersebar di banyak negara. Bukan hanya itu saja, corona juga membuat banyak sektor industri terganggu, terutama yang memiliki pabrik di Tiongkok.

Sayangnya, di balik kekhawatiran banyak orang, ada oknum yang memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Salah satunya adalah aplikasi-aplikasi yang terkait virus corona, mulai dari game, simulator dan lain sebagainya.

Baca juga:

Starbucks Hentikan Program 'Reusable' untuk Kurangi Penyebaran Corona

Apple dan Google menindak aplikasi terkain virus corona (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)
Apple dan Google menindak aplikasi terkain virus corona (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Melihat hal itu, Apple dan Google tak tinggal diam. Dilansir dari The Verge, kedua perusahaan itu mulai menindak aplikasi yang terkait virus corona. Tujuannya untuk memerangi misinformasi. Mereka menolak apapun yang berhubungan dengan virus corona yang bukan berasal dari organisasi kesehatan yang diakui atau pemerintah.

Google dilaporkan tak memunculkan hasil apapun untuk pencarian terkain virus corona di Play Store. Meskipun saat ini belum jelas apakah Goggle juga membatasi persetujuan aplikasi baru.

Baca juga:

Cegah Virus Corona Saat Traveling

Google langsung menghapus pencarian terkait virus corona (Foto: Pixabay/ParampreetChanana)
Google langsung menghapus pencarian terkait virus corona (Foto: Pixabay/ParampreetChanana)

Di lain sisi Apple sempat mendapati aplikasi terkait virus corona dalam tinjual manualnya. Pengembang mereka mengatakan telah menerima pesan dari Apple yang berbunyi “Aplikasi dengan informasi tentang medis saat ini perlu diserahkan ke lembaga yang diakui.”

Sayangnya, beberapa aplikasi seluler dari pengembang independen yang memberikan informasi menggunakan sumber dari Organinasi Kesehatan Dunia terjebak dengan larangan ini. Masalah tersebut kemudian menjadi evaluasi Apple apakah aplikasi penyedia informasi virus corona menjadi sumber yang bisa dipercaya publik atau tidak.

Berdasarkan pantauan, Jumat (6/3) beberapa aplikasi iOS terkait virus corona masih muncul di mesin pencarian. Sementara untuk Android, Google sengaja memblokir hasil pencarian terkait virus corona, coronavirus atau COVID-19. (Yni)

Baca juga:

Tip Cegah Virus Corona Ala Jokowi


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH