Google Buat Android Auto Semakin Mirip dengan Ponselmu Tampilan lama Android Auto (Sumber: Digital Trends)

DILANSIR dari The Verge, Google dalam acara tahunannya, Google I/O, mengumumkan perubahan baru dari Android Auto, mulai dari tampilan umum, aplikasi, notifikasi hingga mode gelap terbarunya. Tampilan ini membuat Android Auto bekerja layaknya ponsel android pada umumnya.

Pemetaan aplikasi pada Android Auto sekarang menggunakan ikon-ikon besar dalam satu menu layar. Hal ini merupakan suatu kemajuan dibandingkan pemetaan lama yang memisahkan aplikasi ke dalam 'tab' sesuai jenisnya. Sekarang semua aplikasi berada dalam satu peluncur aplikasi di bagian kiri bawah kecuali tombol notifikasi dan 'Google Assistant' yang dipisah di sebelah kanan bawah layar.

Baca juga: Hot Toys Buat Replika 1:1 Spider-Drone dari Film Far From Home

Direksi dari Google Map tetap muncul di bawah meski aplikasi ditutup (Sumber: Android.com)
Direksi dari Google Map tetap muncul di bawah meski aplikasi ditutup (Sumber: Android.com)

Tombol notifikasi yang baru lebih memudahkan pengguna dibandingkan versi sebelumnya. Di versi lama, notifikasi ditaruh di layar utama dan digabungkan dengan laporan cuaca dan juga musik yang sedang dimainkan. Dengan adanya tombol ini, semua notifikasi terpisah dan terlihat lebih ringkas sehingga memudahkan pengguna.

Baca juga: Facebook Sedang Kembangkan Teknologi Ketik Gunakan Gelombang Otak

Saat kamu menghubungkan ponselmu, aplikasi Google Maps akan terbuka di layar Android Auto. Jika kamu sedang membuka aplikasi media seperti Youtube Music atau Plex sambil menggunakan navigasi Google Maps, arahan jalan dari Google Maps akan muncul di bawah layar. Sebaliknya, jika kamu membuka Google Maps saat sedang memainkan musik, tombol jeda, mundur atau selanjutnya akan muncul di bawah layar.

Namun yang perlu disayangkan adalah tidak semua ikon aplikasi bekerja seperti seharusnya. Ikon-ikon aplikasi pihak ketiga seperti Spotify dan Audible bekerja secara baik. Tetapi beberapa ikon aplikasi Google justru tidak bekerja dan mengoper pengguna ke Google Assistant.

Direksi dari Google Map tetap muncul di bawah meski aplikasi ditutup (Sumber: Android.com)
Tampilan lama Android Auto (Sumber: Digital Trends)

Menurut The Verge alasan di balik masalah tersebut ialah kesengajaan dari pihak Google. Google berusaha supaya pengguna menggunakan suara mereka untuk menjalankan perintah dibanding menggunakan tangan.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto dan Video Ala 'Selebgram' Kekinian yang Harus Kamu Punya

Hal ini dikarenakan pengguna Android Auto seharusnya sedang dalam posisi mengemudi dan sebaiknya fokus ke jalan dibandingkan terlalu fokus ke layar. Namun jika memang itulah tujuan utama Google maka ikon aplikasi-aplikasi tidak bekerja seharusnya dihapuskan saja.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH