Google Beli Tesla? Tesla Model S (Foto: Tesla Motors)

MerahPutih Teknologi - Mobil buatan Tesla sering tampil sebagai mobil yang sangat independen, mobil elektrik dengan teknologi yang sangat mutakhir. Tapi tahukah anda bahwa ternyata Google membeli Tesla?

Melalui sumber terpercaya yang tidak disebutkan identitasnya, Bloomberg mengatakan, Elon Musk pernah menandatangani kesepakatan pembelian Tesla dengan Google pada awal tahun 2013. Kala itu penjualan unit mobil elektrik Tesla sedang sangat lesu, hingga Tesla harus menutup pabrik mobil elektriknya.

Dalam perjanjian itu dikatakan bahwa Elon Musk, selaku CEO Telsa, akan tetap bertanggung jawab pada unit produksi mobil elektrik selama selapan tahun setelah dibeli Google, atau setidaknya sampai Tesla model 3 sudah mengaspal.

Kini Tesla sudah sukses, terutama melalui seri mobil Tesla model S. Larisnya penjualan model S mampu menutupi biaya yang harus dikeluarkan selama periode negosiasi Tesla dengan Google.

Juru bicara dari kedua perusahaan ini menolak untuk mengomentari rumor tersebut. Pemimpin Google, Larry Page, yang konon berjabat tangan dengan Musk dalam kesepakatan itu, bahkan menyatakan bahwa pembuatan mobil Tesla "jauh dari apa yang Google tahu."

Pernyataan ini ironis sekaligus membingungkan, mengingat investasi besar Google di mobil listrik self-driving. Namun begitu, hal ini juga dapat menimbulkan rumor baru. Rumor itu bisa saja mengatakan bahwa ternyata Google gagal membeli produsen mobil listrik itu.

 

Baca juga:

Tesla Lunasi Janjinya

Tesla Model X Tertangkap Kamera

Tesla Roadster: Mobil Listrik Penjelajah Amerika

Google Glass akan Gunakan Eye Tracking

Google Perkenalkan Program “Works with Google Cardboard”

 


Tags Artikel Ini

Fadhli