Golkar Pertimbangkan Emil Dardak untuk Dampingi Khofifah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 18 Oktober 2017
Golkar Pertimbangkan Emil Dardak untuk Dampingi Khofifah
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (tengah). (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - DPP Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018. Kini, Golkar sedang mempertimbangkan Bupati Trenggalek Emil Dardak untuk mendampingi Khofifah sebagai calon wakil gubernur.

"Dari tim Bu Khofifah ada simulasi agar supaya calonnya berasal dari daerah yang saya sebut kawasan Mataraman, yaitu bupati atau tokoh yang berasal di sana," ujar Ketua DPP Golkar Yahya Zaini di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/10).

Kawasan Mataraman yang dimaksud, yaitu daerah Tulungagung, Trenggalek, Madiun, Nganjuk, Ngawi, hingga Banyuwangi.

Menurut Yahya, Golkar sedang mempertimbangkan sejumlah nama untuk menjadi wakil Khofifah, yaitu mantan Bupati Ngawi Harsono, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, serta Bupati Trenggalek Emil Dardak.

Emil Dardak adalah Bupati yang dulu diusung oleh Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Bahkan, Emil sempat dipanggil oleh Ketua Umum PDI Perjungan Megawati Soekarnoputri pada saat penentuan calon wakil dari Saifullah Yusuf. Namun, PDIP tidak memilih Emil, melainkan Bupati Banyuwangi Azwar Anas.

Menurut Yahya, meskipun Emil dulu diusung oleh PDIP. Namun, suami dari artis Arumi Bachsin itu tidak memiliki keterikatan pada partai berlambang banteng moncong putih.

"Mungkin Emil Dardak dipanggil ya karena diusung PDIP, juga oleh Golkar. Tapi kan tidak terikat," ungkap Yahya.

Sementara itu, partai besutan Setya Novanto itu juga memiliki kader internal yang potensial, salah satunya Bupati Gresik Sambali Halim Radianto. Namun, kesempatan Sambali sendiri masih kecil.

"Dalam konteks konstelasi politik Jawa Timur tidak terlalu ideal jika dipasangkan dengan Bu Khofifah, karena daerahnya sama-sama mewakili Tapal Kuda (Gresik, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan Madura)," tutup Yahya. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kata PWNU Soal Gus Ipul dan Khofifah Bertarung di Pilgub

#Emil Dardak #Khofifah Indar Parawansa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan