Golkar Kecam Ketua DPRD DKI Jegal Langkah Anies Jual Saham Bir Delta

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 10 Maret 2021
Golkar Kecam Ketua DPRD DKI Jegal Langkah Anies Jual Saham Bir Delta
Anggota DPRD DKI Fraksi Golkar Basri Baco. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco mengecam langkah Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi yang menjegal upaya Anies Baswedan menjual kepemilikan saham bir di PT Delta Djakarta.

Menurut Baco, keputusan penjualan saham bir ada di tangan 106 anggota DPRD DKI bukan hanya milik politisi PDI Perjuangan itu.

Baca Juga

Keuntungan DKI atas Kepemilikan Saham Bir Capai Ratusan Miliar

"Kalau ada pihak-pihak atau pimpinan menolak menjual secara pribadi, itu tidak berhak. Selama prosesnya belum dilakukan di DPRD," ujar Baco dalam diskusi virtual dengan teman 'polemik kepemilikan saham Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta, Rabu (10/3).

Kata dia lagi, berdasarkan aturan, pemerintah dapat menjual kepemilikan saham di perusahaan daerah baik seluruhnya atau sebagian setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD.

"Perlu saya sampaikan kepada mereka yang sampai saat ini menolak bahwa yang tercantum adalah persetujuan DPRD DKI Jakarta. Artinya apa? Persetujuan 9 fraksi dan 106 anggota DPRD bukan persetujuan orang per orang," jelas dia.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco
Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco. Foto: Istimewa

Seharusnya, kata Sekretaris DPD Gelkar ini, Legislator DKI segera membuat paripurna atau pleno untuk meminta tanggapan semua fraksi dan menyerahkan keputusan sesuai mekanisme dewan. Bukan pucuk DPRD saja yang punya kekuatan menjual, tapi semua dewan secara kolektif kolegial yang punya hak melepas atau mempertahankan.

"Tetapi jangan kita atau seseorang yang mengaku pimpinan terus menyatakan bahwa selama dia di situ dia tidak akan jual," tuturnya.

Menurut Baco, marwah anggota dewan harus dipertahankan, jangan hanya satu orang mewakili semua pejabat Legislator DKI. Kata dia, harus ada keterlibatan semuanya dalam memutuskan pelepasan saham minuman keras (miras) ini.

"Kolektif kolegial 9 fraksi, itu yang menentukan arah dewan dalam bersikap bukan orang per orang!" tegasnya.

Langkah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang ingin melepas saham bir di PT Delta terganjal oleh persetujuan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

"Perlu rasionalisasi tinggi untuk saya menyetujui usulan penjualan saham PT Delta Djakarta, Tbk yang terus digulirkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata Prasetyo melalui media sosial Twitternya. (Asp)

Baca Juga

Empat Kali Anies Ajukan Jual Saham Bir Tapi Dicuekin DPRD DKI

#DPRD DKI Jakarta #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan