Golkar Buka Peluang Perlebar Koalisi

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 15 Maret 2023
Golkar Buka Peluang Perlebar Koalisi
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. Foto: Arief/Man

MerahPutih.com - Peluang pelebaran koalisi partai poltik yang sudah terbentuk masih terbuka lebar. Komunikasi antara sejumlah parpol bahkan terus berjalan sekalipun tak berada dalam 'satu barisan'.

"Kita lihat semua pimpinan parpol yang sudah membentuk koalisi itu tidak kemudian menghentikan silaturahmi dan komunikasi dengan parpol lain semua jalan terus," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, Rabu (15/3).

Baca Juga

3 Kader Muda Golkar yang Pantas Gantikan Zainudin Amali Jadi Menpora

"Artinya, masih dibuka peluang untuk memperlebar koalisi, kemudian untuk menyatukan koalisi yang ada," sambung Doli.

Ketua Komisi II DPR RI ini lantas mencontohkan perjalanan parpol di Tanah Air yang melakukan penjajakan dalam setahun terakhir hingga terbentuk beberapa koalisi.

"Sebetulnya begini, hari ini sejak setahun setengah parpol membangun komunikasi sesama parpol yang lain menjajaki kemungkinan terbentuknya koalisi," ujarnya.

Baca Juga

Golkar Jateng Usulkan Soeharto jadi Pahlawan Nasional

Doli menyinggung perjalanan Golkar memulai inisiatif untuk berkomunikasi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga terbentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Dia juga menyebut NasDem yang melakukan penjajakan dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hingga membentuk Koalisi Perubahan.

Meski sudah membuat koalisi, lanjut Doli, para pimpinan parpol tersebut tidak menutup komunikasi. Sehingga, peluang memperlebar koalisi masih sangat terbuka.

"Jadi semua membutuhkan waktu," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Golkar Usul 3 Nama Pengganti Amali ke Jokowi

#Partai Golkar #Ahmad Doli Kurnia #Koalisi Indonesia Bersatu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan