Film
Golden Globes, Antara Penghargaan dan Pro Kontra Acara Golden Globes ini akan ditayangkan di NBC pada Selasa, 10 Januari 2023. (foto: instagram/goldenglobes)

ENTAH tahun 2023 ini akan sukses atau gagal untuk penyelenggaraan Golden Globes. Tentu saja imbasnya pada si penyelenggara Hollywood Foreign Press Association, organisasi di balik penghargaan tersebut. Namun, beragam opini dan sorotan tajam tertuju pada daftar nominasi yang diumumkan pagi ini.

Kejadian suram pada 2021, setelah serangkaian cerita investigasi yang memberatkan di Los Angeles Times, tentang kurangnya inklusivitas HFPA, dan praktik etisnya. Netflix, WarnerMedia, dan sejumlah humas pribadi mengumumkan mereka memboikot Globes, hingga akhirnya menyebabkan NBC membatalkan siaran tahunan tersebut.

BACA JUGA:

Daftar Nominasi Golden Globes 2023

Sejak itu, HFPA telah memulai sejumlah reformasi yang dimaksudkan untuk mengekang korupsi yang sebelumnya terjadi dan untuk mendiversifikasi jajarannya. Pada Januari, dengan memalukan, HFPA mengadakan upacara pribadi khusus anggota di rumah Globes di Beverly Hilton untuk memberikan penghargaan mereka kepada film dan acara TV pada 2021, tetapi tanpa ada nominasi yang hadir.

Golden globes

Film berjudul 'Tàr' berhasil masuk nominasi Best Screenplay - Motion Picture. (foto: instagram/goldenglobes)

Pada awal Januari, Golden Globes kembali dan secara resmi memulai kalender musim penghargaan mereka. Jadi pada September lalu, ketika HFPA, NBC, dan produser Dick Clark Productions mengumumkan upacara tahunan ke-80 akan kembali dari pengasingan dan sekali lagi disiarkan secara nasional, banyak orang di Hollywood menyambut berita itu dengan lega.

Walau beberapa orang masih skeptis tentang penyelenggaraan Golden Globes ini. Namun, cara berkampanye untuk Globes telah berubah, dan menjadi jauh lebih senyap. Awalnya, masih belum jelas nominasi mana yang akan hadir, dan apa yang akan mereka katakan tentang hal itu jika mereka melakukannya. Namun, HFPA mengambil langkah yang benar dengan mempekerjakan Jerrod Carmichael untuk menjadi pembawa acara. Ia akan me-roasting penonton 100 persen. Itu akan menyenangkan untuk ditonton.

Selain itu, Tom Cruise tak mendapatkan nominasi Golden Globe Awards 2023 meski dirinya telah 'mati-matian' berakting dalam berbagai adegan berbahaya Top Gun Maverick tanpa pemeran pengganti. Cruise sendiri pernah mendapatkan nominasi aktor terbaik Golden Globe pada 1990 berkat aktingnya di Born on the Fourth of July, dan 1997 pada Jerry Maguire. Ia juga mendapatkan piala Golden Globe pada 2000 sebagai aktor pendukung terbaik berkat penampilannya dalam Magnolia.

BACA JUGA:

HFPA menolak menominasikan Cruise untuk penampilannya di Top Gun: Maverick. Film itu mendapatkan nominasi untuk film terbaik, drama dan lagu terbaik (untuk Hold My Hand-Lady Gaga). Tetapi mengingat antusiasme yang hampir universal untuk film tersebut, kekaguman yang mendalam pada karisma Cruise yang masih dimilikinya dan kecintaan Globes yang tak terpuaskan untuk menominasikan bintang film raksasa, agak mengejutkan bahwa dia tidak termasuk dalam nominasi tahun ini.

Jujur saja, diacara penghargaan mana pun bila terlibat dalam skandal yang melibatkan ditamparnya presenter terkenal dunia, oleh nominasi dunia, maka semua orang di planet ini akan bertaruh itu adalah Golden Globes. Dalam hal ini, jika ada acara penghargaan yang akan mengabaikan skandal tersebut dan menominasikan aktor terkenal dunia tersebut pada tahun berikutnya, semua orang akan bertaruh itu adalah Globes.

golden globes

Komika stand-up Jerrod Carmichael akan berperan sebagai pembawa acara. (foto: instagram/goldenglobes)

Will Smith dilarang dari Academy Awards selama satu dekade karena memukul Chris Rock di Oscar tahun lalu, dan Globes memutuskan untuk tidak mengundangnya ke upacara mereka tahun 2023 ini untuk penampilannya sebagai budak pelarian kehidupan nyata dalam Civil War di Apple TV+'s "Emancipation" yang meraih nol nominasi secara keseluruhan.

Pihak penyelenggara Golden Globes 2023 sebelumnya telah mengumumkan daftar lengkap nominasi ajang tersebut pada Senin (12/12) waktu Amerika Serikat. Dalam daftar lengkap nominasi Golden Globe Awards 2023, sejumlah film yang sejak awal diunggulkan berkompetisi dalam ajang penghargaan berhasil mendapatkan nominasi. Acara ini akan ditayangkan di NBC pada Selasa, 10 Januari 2023. (DGS)

BACA JUGA:

Brendan Fraser Tidak Hadir di Golden Globes jika Masuk Nominasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Colorful Rilis Kartu Grafis RTX 4070
Fun
Colorful Rilis Kartu Grafis RTX 4070

Kartu Grafis RTX 4070 cocok untuk meningkatkan performa PC-mu.

Mahasiswi Inggris Sukses Hindari Denda Parkir Berkat ChatGPT
Fun
Mahasiswi Inggris Sukses Hindari Denda Parkir Berkat ChatGPT

Mahasiswa Inggris memanfaatkan ChatGPT untuk membuat surat banding.

Tiga Finalis Soundroom Ramaikan Panggung Riang Gembira Pestapora
ShowBiz
Tiga Finalis Soundroom Ramaikan Panggung Riang Gembira Pestapora

Tiga finalis akan manggung di Pestapora 2023

Mengenal Avenger 2023, Mobil Listrik Pertama dari Jeep
Fun
Mengenal Avenger 2023, Mobil Listrik Pertama dari Jeep

Tetap dilengkapi mode berkendara khas mobil off road.

Rekomendasi Lima Sayuran untuk Pola Diet Sehat
Fun
Rekomendasi Lima Sayuran untuk Pola Diet Sehat

Sayuran yang bisa untuk diet.

Tulus Berikan Video Musik 'Interaksi'
ShowBiz
Tulus Berikan Video Musik 'Interaksi'

Tulus lepas video musik 'Interaksi'

Intip Merchandise Hasil Kolaborasi BLACKPINK x Starbucks
Fun
Intip Merchandise Hasil Kolaborasi BLACKPINK x Starbucks

BLACKPINK x Starbucks hadirkan merchandise menarik.

Ramai di Medsos, Begini Cara Bikin Avatar AI Versimu
Fun
Ramai di Medsos, Begini Cara Bikin Avatar AI Versimu

Begini cara bikin avatar AI versimu.

Mr. Big Umumkan Tur Perpisahan Bertajuk 'The Big Finish'
ShowBiz
Mr. Big Umumkan Tur Perpisahan Bertajuk 'The Big Finish'

Mr. Big umumkan tur dunia, Indonesia masuk titiknya

5 Penyebab Tarikan Gas Motor Jadi Berat
Fun
5 Penyebab Tarikan Gas Motor Jadi Berat

Tarikan gas motor yang berat dapat mengganggu aktivitas berkendara.