Gol Tunggal Umtiti Antar Prancis ke Final Piala Dunia 2018 Laga Prancis vs Belgia (Foto: FIFA.com)

MerahPutih.Com - Gol Samuel Umtiti pada menit ke-51 mengantarkan Prancis ke Final Piala Dunia 2018 dalam laga semifinal kontra Belgia di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Rabu (11/7). Skor akhir Prancis 1-0 Belgia.

Partai semifinal Prancis vs Belgia menghadirkan pertarungan sengit antara barisan tengah kedua tim. Belgia yang dimotori Kevin De Bruyne dan Eden Hazard beberapa kali mengancam gawang Hugo Lloris. Namun ketatnya lini belakang Prancis membuat Romelu Lukaku menjadi mubazir di depan gawang.

Sebaliknya Prancis mengandalkan serangan balik cepat diorkestrasi Paul Pogba juga membuat Thibaut Courtois beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Tusukan Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann merepotkan pertahanan Belgia.

Para pemain Prancis
Para pemain Prancis merayakan gol ke gawang Belgia (Foto: FIFA.com)

Baik Prancis maupun Belgia menunjukkan kegigihannya untuk memenangi laga semifinal ini.

Prancis mendapatkan 11 peluang pada babak pertama ini, namun belum ada yang bisa dikonversikan menjadi gol. Sementara, Belgia hanya mendapatkan tiga peluang dan belum menciptakan satu gol pun.

Belgia mendapatkan peluang pertama pada menit ke-15. Namun, tendangan keras dari Eden Hazard masih melebar dari gawang Hugo Lloris.

Tiga menit berselang, Prancis mendapatkan peluang ketika Blaise Matuide melesatkan tendangannya namun masih bisa ditepis oleh Thibaut Courtois.

Pada menit ke-22, Belgia kembali mendapat peluang melalui tendangan Toby Alderweireld, memanfaatkan sepak pojok Nacer Chadli yang gagal diamankan Olivier Giroud. Bola ditendang langsung oleh Alderweireld, masih bisa ditepis oleh Hugo Lloris.

Pemain Prancis Samuel Umtiti
Pemain Prancis merayakan lolosnya mereka ke Final Piala Dunia Rusia (Foto: FIFA.com)

Berdasarkan statistik yang dilansir dari situs FIFA.com, Belgia menguasai hampir 64 persen jalannya pertandingan sementara Prancis 36 persen. Prancis mengandalkan permainan efektif sementara Belgia mendominasi umpan-umpan di lini tengah dan kedua sayap mereka.

Gol tunggal Umtiti menunjukan bahwa lini belakang Prancis bisa menjadi solusi ketika para penyerangnya menemui jalan buntu. Sebelumnya Raphael Varane melesakan satu gol yang membuat Prancis menyingkirkan Uruguay.

Kemenangan atas Belgia menempatkan Prancis sebagai tim pertama yang lolos ke Final Piala Dunia sembari menunggu pemenang antara Inggris vs Kroasia yang akan berlangsung esok dini hari.

Berikut susunan pemain Perancis vs Belgia:

Prancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Belgia: 1-Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen; 7-Kevin De Bruyne, 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini, 19-Moussa Dembele, 22-Nacer Chadli; 10-Eden Hazard, 9-Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Real Madrid Resmi Lepas Ronaldo ke Juventus dengan Nilai Rp1,9 triliun



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH