Maluku Utara Manise

Gohu Ikan, Sashiminya Maluku Utara

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 25 Agustus 2018
Gohu Ikan, Sashiminya Maluku Utara
Gohu ikan. (Foto: instagram@hestysondakh)

SASHIMI merupakan makanan khas dari Jepang. Tak jauh berbeda dengan sushi, sashimi merupakan kuliner daro ikan segar atau mentah.

Nah, sekarang apakah makan sejeni sashimi itu ada di Indonesia? Jangan salah, kuliner dari daging ikan segara juga ada di Indonesia, tepatnya Ternate, Maluku Utara.

Maluku Utara memiliki makanan ikan segar bernama gohu ikan. Makanan sejenis ini ditemukan juga di Maluku dan Sulawesi Utara. Kedekatan secara geografis membuat persamaan olahan makanan ketiga daerah tersebut.

Gohu ikan khas Ternate. (Foto: instagram.com/suzanty_sitorus)
Gohu ikan khas Ternate. (Foto: instagram@suzanty_sitorus)

Gohu ikan diolah dari ikan tuna atau ikan cakalang. Ikan segar dipotong-potong dadu sebelum disajikan. Seperti halnya sashimi, gohu ikan juga dicampur dengan saus. Bedanya Maluku Utara menggunakan campuran bumbu.

Potongan ikan kemudian dicampur dengan garam dan perasan lemon. Sedangkan campuran bumbu dalam gohu ikan yaitu tumis bawang dan cabai. Minyak bekas tumisan ini juga disiramkan sebelum gohu ikan disajikan.

Tak hanya bumbu dan minya, ikan gohu juga dicampur dengan daun kemangi. Perpaduan bumbu sederhana dan daun kemangi bisa mengurangi bau amis pada ikan.

Gohu ikan. (Foto: instagram.com/pelancongmakan)
Gohu ikan. (Foto: instagram@pelancongmakan)

Gohu ikan merupakan penganan kebanggaan masyarakan Maluku Utara. Kalau kamu melancong ke provinsi beribu kota Sififi ini, tak lengkap kalau tak mencicipi "sashimi" ini. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ke Maluku Utara? Oleh-oleh Olahan Sagu Ini Jangan Sampai Ketinggalan

#Kuliner Maluku Utara #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan