Gogon Srimulat, si Pelawak Berambut Mohawk, Tutup Usia Pelawak Gogon. (foto: hello-pet)

SOSOKNYA amatlah khas. Siapa pun pasti bisa langsung mengenalinya dengan tampilan gaya rambut mohawk, kumis ala Hitler, dan tangan yang selalu terlipat di dada. Dialah Margono alias Gogon.


Pelawak anggota grup Srimulat itu meninggal dunia pada Selasa (15/5) pagi. Kabar kepergian Gogon diketahui dari pesan singkat yang dikirimkan rekan sesam pelawak, Kadir. Ia menyebut Gogon meninggal pukul 05.00 di Rumah Sakit Kotabumi, Lampung. "Jenazah langsung dibawa Didi Kempot ke Solo dengan pesawat udara," imbuh Kadir.

Diketahui, sejumlah pelawak beserta Didi Kempot tengah berada di Lampung untuk tampilan atas undangan seorang pejabat di sana. Di pagi hari, anak Gogon mengabarkan kepada Didi Kempot bahwa sang ayah pingsan. Saat mengetahui hal itu, musisi campur sari itu lantas membawa Gogon ke RS. Namun, karena hendak mengejar penerbangan, Didi kemudian meninggalkan Gogon di RS bersama asistennya dan sang anak.

Tak lama berselang, Didi malah mendapat kabar bahwa Gogon telah pergi untuk selamanya. Ia pun membatalkan perjalanannya. Menundanya untuk membawa jenazah sang kawan. Jenazah Gogon diterbangkan ke Surakarta, kota kelahirannya, pada pukul 10.00.

Nama Gogon mulai dikenal ketika bergabung dengan grup lawak bentukan Teguh Slamet Rahardjo, Srimulat. Bukan tanpa alasan ia direkrut dalam kelompok lawak legendaris itu. Tampilannya yang unik dan berciri khas jadi alasannya. Pencinta Srimulat mengenal Gogon dengan ciri khas rambut mohawk dan kumis ala Hitler. Ketika melawak atau berbicara, tangannya yang selalu tersilang di dada. Selain itu, Gogon juga khas dengan gaya duduk yang selalu melorot. Khas gaya lawakan slapstick.

Meskipun dikenal lewat Srimulat, setelah Srimulat tidak lagi aktif, tak ada satu pun anggota Srimulat, termasuk Gogon, yang menggunakan embel-embel Srimulat saat tampil di panggung. Dalam perjalanan kariernya sebagai pelawak dan aktor, Gogon pernah terasndung kasus hukum pada 2007 atas tuduhan penggunaan narkoba.

Selamat jalan pelawak berambut mohawk.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH