‘Godzilla Minus One’, Kembalinya Kaiju dengan Hati dan Malapetaka

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 04 Desember 2023
‘Godzilla Minus One’, Kembalinya Kaiju dengan Hati dan Malapetaka
Penayangan 'Godzilla Minus One' lebih menyeramkan dari yang diperkirakan.(foto: IMDB)

DALAM film terbaru Godzilla Minus One, kaiju nan ikonis kembali dengan auman yang melampaui sensasi film monster. Film yang disutradarai dan ditulis Takashi Yamazaki ini merupakan film reboot menawan yang memadukan potongan-potongan adegan spektakuler dengan kisah yang sangat emosional. Semua kisah dirangkum dalam latar belakang Jepang setelah Perang Dunia II.

Cerita dimulai dengan Koichi, yang diperankan dengan cemerlang oleh Ryunokuke Kamiki, seorang pilot kamikaze, dalam sebuah putaran takdir, selamat dari amukan Godzilla yang menghancurkan di pangkalan militer di sebuah pulau. Berbulan-bulan kemudian, Koichi bergulat dengan rasa bersalah saat ia kembali ke Tokyo dan mendapati orangtuanya telah tiada dan rumahnya hancur berantakan. Perjalanannya bersinggungan dengan Noriko, yang diperankan Minami Hamabe. Mereka kemudian membentuk unit keluarga yang tidak konvensional di tengah kekacauan.

BACA JUGA:

Film Terbaru Godzilla Tayang 2023

Saat Godzilla, yang kini diperkuat uji coba nuklir AS, memulai perjalanannya untuk menghancurkan Tokyo, Koichi bertekad menaklukkan monster tersebut dan meringankan rasa bersalahnya yang berkepanjangan. Film ini dengan indah menjalin trauma pribadi dengan representasi simbolis Godzilla dari kehancuran nuklir Jepang.

godzilla
Film ini merepresentasikan trauma pribadi dari kehancuran Jepang oleh nuklir yang direpresentasikan menjadi Godzilla.(foto: IMDB)

Meskipun berbujet USD 15 juta dolar Godzilla Minus One tampil mengesankan dengan adegan-adegan amukan yang dieksekusi dengan luar biasa yang membuat produksi besar Hollywood malu. Kedalaman emosional film ini dilengkapi sentuhan-sentuhan cerdas, seperti kedatangan Godzilla. Kedatangannya yang didauhuli sekumpulan ikan mati yang muncul ke permukaan.

BACA JUGA:

Kaiju Kembali di Trailer 'Godzilla Minus One'

Meskipun dialog yang diterjemahkan mungkin kurang elegan, film ini mengimbanginya dengan drama manusia yang mencekam dan visual yang menakjubkan. Hal yang perlu diperhatikan yakni adegan pengejaran perahu nan mendebarkan. Itu mengingatkan kita pada perjalanan yang ditemukan dalam Jaws yang menampilkan keganasan Godzilla. Seperti dilansir Screen Rant, film ini telah ditayangkan pada 1 Desember di Kanada.

Godzilla Minus One menonjol sebagai permata langka yang membuktikan bahwa Godzilla dapat menjadi sangat emosional dan benar-benar menakutkan. Dengan perpaduan yang kreatif antara cerita dan tontonan, film ini mengamankan tempatnya di antara yang terbaik dalam waralaba Godzilla. Ketika Tokyo terus merasakan getarannya, satu hal yang jelas, warisan Godzilla ada di tangan yang tepat untuk 70 tahun mendatang.(nda)

BACA JUGA:

Petualangan Dua Monster Berlanjut di 'Godzilla X Kong: The New Empire'

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan