Go Digital, Cara Cerdas Kembangkan UMKM Go digital memudahkan pengembangan UMKM.(Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

USAHA mikro kecil menengah (UMKM) jadi tulang punggung perekonomian. Kaum milennial melihat fakta itu sebagai kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha. Meskipun demikian, tak semua pengusaha sukses dalam bidang bisnis yang digeluti.

Di lain sisi, ada juga milennial yang hanya berwacana untuk jadi wirausaha. Mereka sama sekali bingung untuk memulai bisnis apa. Sama sekali tidak ada gambaran apakah ingin memulai merintis usaha di bidang kuliner, fesyen, otomotif, pendidikan, ataukah teknologi internet. Mimpi jadi wirausaha hanya muncul dalam omongan, "Gua pengin banget jadi pengusaha."

BACA JUGA: LEAD 2019 Siap Lahirkan Pemimpin Berkualitas untuk Masa Depan

Faktanya, inti memulai bisnis ialah kemauan. Setelah memiliki kemauan, seperti disebut Forbes, secara otomatis kamu akan bisa menciptakan ide bisnis. Dari sana, kamu bisa mulai menyusun strategi bisnis, hingga menemukan calon pelanggan setiamu.

Mengenbangkan UMKM di masa kini memang makin mudah. Adanya bantuan daring dan digital memudahkan semuanya. Seperti halnya dengan cara go digital. Sayangnya, belum semua orang bahkan milennial yang benar-benar melek teknologi. Terutama jika sudah mengaitkan bisnis dengan teknologi.

Atas dasar kebutuhan itulah Exabytes Indonesia hadir untuk menjadi partner bagi UMKM. Kehadiran perusahaan penyedia hosting ini akan mempercepat pertumbuhan bisnis secara global melalui digitalisasi.

go digital
Gunakan layanan web hosting untuk rencana go digital usahamu. (foto: istimewa)

Siaran pers yang diterima Merahputih.com, Selasa (3/12), menyebut Exabytes Indonesia membuat progam CSR dengan tagar #WebsiteUntukSemua untuk memberikan dukungan layanan hosting dan nama domain gratis selama 2 tahun.

Dalam program tersebut juga ada pembuatan situs web yang representatif oleh pengembang web profesional dan memberikan pelatihan berkala bagi peserta yang terpilih agar dapat mengoperasikan website secara mandiri. "Berdasarkan profiling UMKM yang sering kami jumpai, nampaknya UMKM Indonesia belum sepenuhnya siap untuk mendigitalkan bisnis mereka sendiri," ujar Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan.

Nah, jadi bagi sahabat Merah Putih yang sudah punya bisnis UMKM, buruan deh kamu go digital. Dengan begitu, bisnis kamu bisa semakin dikenal oleh banyak calon pelanggan yang tak terjangkau olehmu secara luring.(ikh)

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH