GNPF MUI: Perppu untuk Musnahkan Ormas

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 15 Juli 2017
GNPF MUI: Perppu untuk Musnahkan Ormas
Kapitra Ampera, kuasa hukum Rizieq Shihab. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih - Perppu Ormas menjadi polemik hebat di tengah masyarakat. Perppu ini dituding untuk memberangus kebebasan berserikat dan berkumpul.

Pro-kontra penerbitan perrpu yang disebut-sebut sebagai penyempurnaan UU sebelumnya mendapat penolakan keras sebagian pakar hukum, akademisi, hingga publik pada umumnya.

Ikut berargumentasi kuasa hukum Gerakan Nasional Penjaga Fatwa MUI (GNPF MUI) Kapitra Ampera. Ia menilai, penerbitan Perppu bisa jadi pemusnahan ormas, bukan lagi sebagai pengayom.

Sebagai negara yang tunduk pada konstitusi, katanya, presiden memiliki hak untuk mengeluarkan perppu. Namun pertanyaannya, apakah semudah itu kepala negara mengeluarkan perppu?

Menurut Kapitra, ada tiga parameter kegentingan memaksa yang dibolehkan konstitusi untuk presiden mengeluarkan perppu;

1. Adanya keadaan yaitu kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan masalah hukum secara cepat berdasarkan undang-undang

2. Undang-undang yang dibutuhkan tersebut belum ada sehingga terjadi kekosongan hukum, atau ada undang-undang tetapi tidak memadai

3. Kekosongan hukum tersebut tidak dapat diatasi dengan cara membuat undang-undang secara prosedur biasa karena akan memerlukan waktu yang cukup lama sedangkan keadaan yang mendesak tersebut perlu kepastian untuk diselesaikan.

Sehubungan dengan penerbitan Perppu No 2 Tahun 2017 ini, Kapitra menilai pemerintah telah mengambil jalan pintas dan mengabaikan proses-proses yang seharusnya dilalui sebelum membubarkan ormas.

"Ini jalan pintas pembubaran ormas yang diambil melalui Perppu No 2 Tahun 2017 dan ini merupakan bentuk kejahatan negara," tegasnya melalui siaran pers, Sabtu (15/7).

Apalagi, katanya, dalam proses tersebut menegasikan proses peradilan yang merupakan lembaga penilai pelanggaran hukum.

"Ini bukan lagi penyempurnaan undang-undang, melainkan pemusnahan ormas," tandasnya. (Fdi)

Baca juga berita lain terkait Perppu Ormas dalam artikel: Jubir HTI: Kami Akan Melawan

#Kapitra Ampera #GNPF MUI #Perppu Ormas
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan