Gmail Rayakan Ulang Tahun ke-15 dengan Merilis Fitur Baru Aplikasi-aplikasi dari google termasuk gmail. (Foto: BGR.com)

DIGUNAKAN oleh banyak sekali pengguna di seluruh dunia, mungkin kamu termasuk salah satunya. Awal bulan April menjadi hari istimewa untuk google. Pasalnya, gmail, layanan surat elektronik dari perusahaan teknologi yang mengambil spesialisasi untuk urusan internet asal AS tersebut merayakan ulang tahunnya.

Telah hadir dalam versi beta sejak tahun 2004, tahun ini gmail genap berusia 15 tahun. Pada awal pembuatannya, banyak klien dari google yang mengira gmail hanyalah sebuah lelucon untuk April Mop. Tidak disangka hingga saat ini gmail masih menjadi layanan surat elektronik paling populer di dunia dengan 1,5 miliar pengguna per bulannya.

Bertepatan dengan hari ulang tahun gmail yang ke-15, layanan tersebut meluncurkan sejumlah fitur baru. Dilansir dari Cnet.com, google telah merilis sarana baru untuk gmail yang memungkinkan penggunanya untuk menjadwalkan waktu pengiriman email.

Baca Juga:

Berisi Malware, Puluhan Aplikasi Dihapus Google

Selain fitur scheduling atau penjadwalan pada layanan gmail, google juga merilis fitur smart compose untuk ponsel pintar berbasis Android. Fitur tersebut berbekal kecerdasan buatan (AI), yang dapat memprediksi tulisan penggunanya ketika mencoba untuk menuliskan kata-kata saat menuliskan sebuah email.

Fitur itu sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu kebelakang, namun itu hanya tersedia ketika kita mengakses gmail melalui komputer. Menurut laporan dari Cnet.com, google pun akan segera menambahkan fitur smart compose pada ponsel pintar berbasis iOS.

Gmail Rayakan Ulang Tahun ke-15 dengan Merilis Fitur Baru
Inbox atau kotak masuk dalam gmail (foto: Pixabay/gabrielle_cc)

Dikatakan juga dalam laman tersebut, bahwa selain bahasa Inggris fitur smart compose juga akan tersedia dalam multi bahasa. Untuk saat ini ada empat bahasa yang termasuk dalam fitur baru tersebut, yakni bahasa Italia, Portugis, Perancis, dan Spanyol.

Baca Juga:

Harga Tiket Pesawat Lebih Transparan dengan Google Flights, Begini Caranya!

Seminggu sebelumnya, gmail juga baru saja merilis fitur baru bernama "dynamic email". Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna gmail memberikan survey dan mencari akomodasi (hotel) langsung dari kotak masuk atau inbox email. (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH