GM Bangun Mobil Tanpa Supir, Tanpa Pedal dan Tanpa Setir Cruise AV, inovasi dari General Motors. (Foto: cnet)

AGAKNYA semua produsen mobil tengah menggodok mobil tanpa supir. Seperti General Motors (GM) yang sudah lama berkiprah pada dunia otomotif turut membuat kemungkinan terwujudnya mobil dengan konsep anyar itu.

Terobosan yang dibuat oleh GM membuat mobil dengan konsep yang sudah pasti tanpa supir, namun dengan inovasi tanpa pedal dan setir. Kabarnya pabrik mobil di Detroit, Michigan, Amerika Serikat ini akan melepas produk anyarnya itu pada tahun 2019.

Cruise AV. (Foto: The Financial Times)

Mobil yang full otomatis ini seolah memberikan batasan anyar pada produsen mobil lainnya yang sudah mulai terlebih dahulu.

Mobil yang diberi nama Cruise AV itu merupakan lanjutan dari inovasi mereka Chevy Bolt. Ini merupakan mobil tanpa pengendara generasi keempat yang dibuat oleh GM. Meskipun sudah akan dijual pada tahun depan, namun GM tak menggaransi akan ada di jalanan pada tahun yang sama.

Tanpa supir, pedan dan setir. (Foto: mlive)

Menurut GM, mobil ini harus lolos uji kelayakan dan keamanan dari Departemen Transportasi di Amerika Serikat. Badan standar keamanan federal hanya membolehkan produksi sebanyak 2500 unit per tahun. Tentunya membuat GM harus memutar otak antara pembiayaan dan jumlah kendaraan itu.

GM pun tak menyingkirkan standar keamanan yang ada pada mobil. Misalnya ketersediaan airbag di kendaraan.

CEO Cruise, Kyle Vogt yang dimuat pada Business Insider mengatakan bahwa dibandingkan 20 tahun yang lalu, ini merupakan kemajuan yang sangat baik. Sebuah kemajuan untuk mobil elektrik dan otomatis tanpa pengemudi. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH