Kesehatan

Gluten Free tak Selalu Berarti Lebih Sehat

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 19 Januari 2023
Gluten Free tak Selalu Berarti Lebih Sehat
Studi menunjukkan bahwa diet bebas gluten bukanlah jawaban bagi orang dengan IBS atau NCGS. (Foto: freepik/rawpixel.com)

BEBERAPA dekade lalu, tidak banyak orang yang tahu tentang gluten, apalagi mengaku sensitif terhadapnya. Hari ini, kata 'gluten' dilontarkan seolah-olah itu merupakan hal buruk yang harus dihindari. Namun, apa sebenarnya gluten dan mengapa sebagian orang begitu mengkhawatirkannya?

Gluten adalah protein dalam gandum, jelai, dan gandum hitam. Sebagian besar dari kita dapat menelannya tanpa masalah, tetapi ketika orang dengan penyakit celiac mengonsumsi gluten, tubuh mereka mengalami serangan autoimun pada usus kecil, yang menyebabkan masalah pencernaan kronis: kembung, gas, mual, muntah, sembelit, dan diare.

BACA JUGA:

Ingin Tidur Nyenyak Begini Caranya

Penyakit celiac juga mengganggu penyerapan beberapa nutrisi dan dapat menyebabkan penurunan berat badan, kemandulan, dan, pada anak-anak, pertumbuhan terlambat atau terhambat.

Terlepas dari kekhawatiran yang meluas tentang gluten, diperkirakan hanya sekitar satu dari 133 orang yang menderita penyakit celiac, dan banyak yang mungkin tidak mengetahuinya. Meskipun demikian, jumlah orang yang mengikuti diet bebas gluten tanpa alasan medis tampaknya jauh melebihi jumlah orang dengan penyakit celiac yang tidak terdiagnosis, kelompok yang seharusnya makan bebas gluten.

Gluten
Gluten adalah protein dalam gandum, jelai, dan gandum hitam yang sebagian besar dari kita dapat menelannya tanpa masalah. (Foto: freepik/master1305)

Sebelum kamu melanjutkan konsumsi makanan gluten free, ada baiknya memahami lebih lanjut tentang gluten seperti dirangkum dari Prevention, Senin (16/1) berikut.

Sensitivitas gluten bukanlah penyakit celiac. Semakin banyak orang percaya bahwa mereka memiliki sensitivitas gluten non-celiac (NCGS), masalah yang mereka katakan dapat memicu masalah pencernaan, sakit kepala, nyeri sendi, masalah kognitif, dan kelelahan.

Berbeda dengan penyakit celiac, tidak ada tes untuk itu, jadi diagnosis biasanya didasarkan pada diet eliminasi: kamu menghilangkan semua sumber gluten dari pola makan, lalu menambahkannya kembali dan memantau gejalanya.

Gluten mungkin bukan satu-satunya penyebab dari apa yang mengganggumu. Kita telah menjelek-jelekan gluten, tetapi zat ini mungkin tidak bertanggung jawab atas gejala NCGS. Studi menunjukkan bahwa diet bebas gluten bukanlah jawaban bagi banyak orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) yang juga tampaknya menderita NCGS.

BACA JUGA:

Tips Memilih Skincare Vegan Bagi Perempuan Berkulit Sensitif

Mereka disarankan untuk menjalani pola makan rendah karbohidrat yang sulit diserap yang disebut oligo-di-monosakarida dan poliol yang dapat difermentasi atau FODMAP untuk membantu masalah pencernaannya.

FODMAP termasuk fruktosa (dalam beberapa buah dan banyak makanan dan minuman olahan), laktosa (dalam banyak produk susu), galaktan (dalam beberapa kacang-kacangan), dan gula alami lainnya. Karena bebas gluten cenderung menghilangkan beberapa FODMAP dari diet, orang dengan IBS mungkin salah berasumsi bahwa gluten menyebabkan gejalanya.
Penelitian juga menunjukkan bahwa protein gandum non-gluten mungkin bermasalah bagi orang dengan penyakit celiac dan NCGS.

gluten-free
Produk bebas gluten tidak selalu sehat karena cenderung kekurangan berbagai nutrisi penting. (Foto: freepik/rawpixel.com)

Jadi penting untuk diingat, bebas gluten tidak selalu berarti lebih sehat. Pola makan bebas gluten sangat penting untuk orang dengan penyakit celiac dan mungkin bermanfaat bagi mereka yang percaya bahwa mereka menderita NCGS, tetapi sebaliknya tidak ada alasan untuk menghindari gluten.

Produk bebas gluten tidak selalu sehat karena cenderung kekurangan berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin B, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan serat.

Jika kamu ingin menghindari gluten, pilihlah makanan yang secara alami bebas dari protein ini, antara lain buah-buahan, sayuran, polong-polongan, makanan kedelai utuh, telur, biji rami bubuk, kacang-kacangan, makanan laut, dan biji-bijian utuh seperti nasi dan quinoa.(aru)

BACA JUGA:

4 Tren Gaya Hidup Aktif dan Produktif Bersama Gawai Terbaru

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan