Wisata Indonesia
Glow, Sensasi Seru Berwisata di Kebun Raya Bogor pada Malam Hari Glow mulai beroperasi pada 17 Agustus 2021. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

JANGAN sedih tiba di Kebun Raya Bogor saat malam hari. Tempat wisata di Kota Bogor ini belum tutup walau senja sudah berlalu. Jika sebelumnya Kebun Raya Bogor hanya bisa dikunjungi dari pagi hingga sore, sekarang tempat ini dibuka sampai malam.

Kebun Raya Bogor kini menghadirkan program wisata malam bernama Glow. Rencananya Glow mulai beroperasi pada 17 Agustus 2021, namun tetap bergantung dengan situasi pandemi sudah kondusif atau belum.

Baca juga:

Pemkot Tutup Pedestrian Lingkar Kebun Raya Bogor

Menurut laman glowindonesia.com, program wisata ini akan menghadirkan enam zona hiburan, yaitu Taman Pandan, Taman Meksiko, Taman Akuatik, Lorong Waktu, Taman Astrid, dan Taman Ecodome. Kamu akan melintasi keenam zona ini secara berurutan.

Perjalanan dimulai di Taman Pandan. Di sini akan terdengar suara burung hantu, sayap kelelawar, dan langkah rusa mendekat. Lalu kamu akan melihat serangga kecil bercahaya beterbangan dan kepak sayap kupu-kupu yang bersinar.

Ada enam zona hiburan. (Foto: glowindonesia.com)

Fauna malam yang saling sahut ini menggambarkan Kebun Raya tidak tidur walau sudah malam. Para fauna seraya bercerita dari sisinya sendiri, saling menjaga, dan memberikan kehidupan hingga hari berganti pagi.

Selanjutnya, kamu akan memasuki zona Taman Meksiko. Ya, sesuai namanya, berada di zona ini serasa singgah di Meksiko dengan nuansa iklim kering. Daya tarik di zona ini ialah terdapat ratusan spesies kaktus.

Lebih kerennya lagi, tanaman-tanaman kaktus di Taman Meksiko memang didatangkan langsung dari Amerika Tengah dan Selatan. Intinya, Taman Meksiko ingin membuat pengunjung yang merasa di daerah tandus pun tetap merasa nyaman karena ada kehidupan tanaman kaktus.

Baca juga:

Berusia 500 Tahun, LIPI Usulkan Kebun Raya Bogor Jadi Situs Warisan Dunia

Setelah 'kegerahan' merasakan lahan tandus di Taman Meksiko, kamu langsung disambut gemercik air di Taman Akuatik. Mata kamu juga bakal dimanjakan dengan pemandangan tanaman yang tumbuh di dalam air selama berada di Taman Akuatik.

Kamu akan menelusuri enam zona tersebut secara berurutan. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

Tetesan air di Taman Akuatik juga saling sahut seakan menciptakan sebuah irama. Kemungkinan ada pula kincir air yang semakin membuat Taman Akuatik memberikan ketenteraman saat melintasinya. Zona ini membuat kamu bisa bersantai sejenak sebelum menjalankan perjalanan ke zona berikutnya.

Tiga taman sudah kamu lewati, kini kamu tiba di zona lorong waktu. Zona ini menghadirkan tiga jenis awan seperti stratus, altokumulus, cirrus, dan kumulonimbus yang paling besar bentuknya. Zona ini agaknya juga sangat instagramable.

Dari zona lorong waktu perjalanan kamu berlanjut ke Taman Astrid. Selama singgah di Taman Astrid kamu akan beroleh pengetahuan seputar sejarah Kebun Raya Bogor yang ditampilkan melalui sebuah layar.

Glow buka dari pukul 18.00-22.00. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

"Selamat datang di Kebun Raya. Kebun ini berusia lebih dari 200 tahun, lho! Sejak jaman Kolonial Belanda, masa kemerdekaan, sampai sekarang, kebun ini sudah berdiri menjadi area konservasi tanaman dan ekosistem. Menjadikannya yang tertua di Indonesia. Didirikan oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg," demikian keterangan di laman resmi Glow tentang pengetahuan sejarah yang akan kamu peroleh di Taman Astrid.

Akhirnya, perjalanan kamu berakhir di Taman Ecodome. Zona ini menghadirkan bangunan berbentuk seperti bola besar. Zona ini sangat seru karena membuat kamu berinteraksi dengan gambar-gambar fauna lucu yang juga ditampilkan melalui layar.

Saat beroperasi nanti, Glow bisa kamu nikmati setiap Kamis-Minggu. Perjalanan melintasi enam zona tadi dimulai pada pukul 18.00-22.00 WIB. (tel)

Baca juga:

Menikmati Keindahan Wisata Alam di Kebun Raya Bogor

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pasar Ikan Balekambang, Surganya Pecinta Ikan Laut di Solo
Travel
Pasar Ikan Balekambang, Surganya Pecinta Ikan Laut di Solo

Ratusan ikan laut yang didatangkan dari wilayah Pantura berserakan di lapak pedagang.

Jembatan Cinta hingga Kerangka Paus, Cek 5 Rekomendasi Wisata di Pulau Tidung
Travel
Si Cantik Kembang Goyang, Suguhan Khas Lebaran ala Betawi
Kuliner
Si Cantik Kembang Goyang, Suguhan Khas Lebaran ala Betawi

Kue Kembang goyang memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah

Cappuccino Terbaik di Kota Serang, Cuma Ada di Sini
Kuliner
Cappuccino Terbaik di Kota Serang, Cuma Ada di Sini

Dimanakah kita dapat menikmati Cappuccino terbaik di kota tersebut?

Nikmatnya Seruit, Makanan Khas Lampung Simbol Kebersamaan
Kuliner
Nikmatnya Seruit, Makanan Khas Lampung Simbol Kebersamaan

Ada campuran ikan dan durian pada Seruit.

Sukarno-Hatta Menumpang Kereta Api Rahasia Menuju Yogyakarta (2)
Indonesiaku
Sukarno-Hatta Menumpang Kereta Api Rahasia Menuju Yogyakarta (2)

Ia beroleh perintah khusus dan rahasia mempersiapkan kereta dengan tujuan Yogyakarta.

Piknik di 'Picknick On The Roof'
Travel
Piknik di 'Picknick On The Roof'

Pemandangannya begitu indah di 'Picknick On The Roof'.

Menparekraf Dukung Sistem Transportasi Terintegrasi Pariwisata
Travel
Menparekraf Dukung Sistem Transportasi Terintegrasi Pariwisata

Agar pariwisata Indonesia semakin berkualitas.

Olahan Ikan Oleh-Oleh Favorit
Kuliner
Olahan Ikan Oleh-Oleh Favorit

Ikan asin jadi incaran.

Menu Vegetarian Rumahan yang Simple, Sehat dan Enak
Kuliner