Wisata Indonesia

Glow, Sensasi Seru Berwisata di Kebun Raya Bogor pada Malam Hari

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 04 Agustus 2021
Glow, Sensasi Seru Berwisata di Kebun Raya Bogor pada Malam Hari
Glow mulai beroperasi pada 17 Agustus 2021. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

JANGAN sedih tiba di Kebun Raya Bogor saat malam hari. Tempat wisata di Kota Bogor ini belum tutup walau senja sudah berlalu. Jika sebelumnya Kebun Raya Bogor hanya bisa dikunjungi dari pagi hingga sore, sekarang tempat ini dibuka sampai malam.

Kebun Raya Bogor kini menghadirkan program wisata malam bernama Glow. Rencananya Glow mulai beroperasi pada 17 Agustus 2021, namun tetap bergantung dengan situasi pandemi sudah kondusif atau belum.

Baca juga:

Pemkot Tutup Pedestrian Lingkar Kebun Raya Bogor

Menurut laman glowindonesia.com, program wisata ini akan menghadirkan enam zona hiburan, yaitu Taman Pandan, Taman Meksiko, Taman Akuatik, Lorong Waktu, Taman Astrid, dan Taman Ecodome. Kamu akan melintasi keenam zona ini secara berurutan.

Perjalanan dimulai di Taman Pandan. Di sini akan terdengar suara burung hantu, sayap kelelawar, dan langkah rusa mendekat. Lalu kamu akan melihat serangga kecil bercahaya beterbangan dan kepak sayap kupu-kupu yang bersinar.

Ada enam zona hiburan. (Foto: glowindonesia.com)

Fauna malam yang saling sahut ini menggambarkan Kebun Raya tidak tidur walau sudah malam. Para fauna seraya bercerita dari sisinya sendiri, saling menjaga, dan memberikan kehidupan hingga hari berganti pagi.

Selanjutnya, kamu akan memasuki zona Taman Meksiko. Ya, sesuai namanya, berada di zona ini serasa singgah di Meksiko dengan nuansa iklim kering. Daya tarik di zona ini ialah terdapat ratusan spesies kaktus.

Lebih kerennya lagi, tanaman-tanaman kaktus di Taman Meksiko memang didatangkan langsung dari Amerika Tengah dan Selatan. Intinya, Taman Meksiko ingin membuat pengunjung yang merasa di daerah tandus pun tetap merasa nyaman karena ada kehidupan tanaman kaktus.

Baca juga:

Berusia 500 Tahun, LIPI Usulkan Kebun Raya Bogor Jadi Situs Warisan Dunia

Setelah 'kegerahan' merasakan lahan tandus di Taman Meksiko, kamu langsung disambut gemercik air di Taman Akuatik. Mata kamu juga bakal dimanjakan dengan pemandangan tanaman yang tumbuh di dalam air selama berada di Taman Akuatik.

Kamu akan menelusuri enam zona tersebut secara berurutan. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

Tetesan air di Taman Akuatik juga saling sahut seakan menciptakan sebuah irama. Kemungkinan ada pula kincir air yang semakin membuat Taman Akuatik memberikan ketenteraman saat melintasinya. Zona ini membuat kamu bisa bersantai sejenak sebelum menjalankan perjalanan ke zona berikutnya.

Tiga taman sudah kamu lewati, kini kamu tiba di zona lorong waktu. Zona ini menghadirkan tiga jenis awan seperti stratus, altokumulus, cirrus, dan kumulonimbus yang paling besar bentuknya. Zona ini agaknya juga sangat instagramable.

Dari zona lorong waktu perjalanan kamu berlanjut ke Taman Astrid. Selama singgah di Taman Astrid kamu akan beroleh pengetahuan seputar sejarah Kebun Raya Bogor yang ditampilkan melalui sebuah layar.

Glow buka dari pukul 18.00-22.00. (Foto: Instagram/@glowkebunraya)

"Selamat datang di Kebun Raya. Kebun ini berusia lebih dari 200 tahun, lho! Sejak jaman Kolonial Belanda, masa kemerdekaan, sampai sekarang, kebun ini sudah berdiri menjadi area konservasi tanaman dan ekosistem. Menjadikannya yang tertua di Indonesia. Didirikan oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg," demikian keterangan di laman resmi Glow tentang pengetahuan sejarah yang akan kamu peroleh di Taman Astrid.

Akhirnya, perjalanan kamu berakhir di Taman Ecodome. Zona ini menghadirkan bangunan berbentuk seperti bola besar. Zona ini sangat seru karena membuat kamu berinteraksi dengan gambar-gambar fauna lucu yang juga ditampilkan melalui layar.

Saat beroperasi nanti, Glow bisa kamu nikmati setiap Kamis-Minggu. Perjalanan melintasi enam zona tadi dimulai pada pukul 18.00-22.00 WIB. (tel)

Baca juga:

Menikmati Keindahan Wisata Alam di Kebun Raya Bogor

#Wisata #Kebun Raya Bogor #Kota Bogor #Wisata Indonesia #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan