Glenn Fredly Sebut Dunia Musisi Keras

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 17 Januari 2018
Glenn Fredly Sebut Dunia Musisi Keras
Glenn Fredly. (Foto: Instagram/@glennfredly309)

PENYANYI berdarah Maluku, Glenn Fredly, sebut industri musik Tanah Air keras. Glenn menyebutkan bahwa tidak ada perhatian dan kesejahteraan yang diberikan kepada musisi Indonesia.

"Itu dia kenapa saya bilang dunia musisi ini sangat keras," ungkap Glenn kepada Merahputih.com di Jakarta, baru-baru ini.

Mantan kekasih Aura kasih ini berkaca pada peristiwa yang dialami mendiang vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo. Hingga akhir hayatnya Yon tidak mendapatkan apresiasi.

Glenn juga prihatin terhadap kondisi musisi legendaris Yockie Suryoprayogo yang kini jatuh sakit. Menurutnya, sebagai musisi yang melegenda, Yockie tidak mendapatkan kesejahteraan.

Seharusnya sebagai musisi Yockie dapat mendapatkan perlakuan dari pihak tertentu sebagai musisi yang memiliki banyak karya.

"Ya mudah-mudahan dengan peristiwa Yon dan Yockie ini jadi titik balik," tambah Glenn.

Ia menyampaikan pula seharusnya pelaku musik harus lebih menjaga kekompakan. Sehingga dapat saling membantu jika terjadi sesuatu di antara pelaku musik.

"Intinya, ini harus jadi pesan penting untuk ekosistem musik, sekaligus kritik juga buat ekosistem musik Indonesia. Maksudnya gini, kita selama ini tuh selalu jalan sendiri-sendiri," tambahnya lagi.

Tidak hanya para pelaku musik. Harus ada dua sektor lainnya yang membantu kesejahteraan musisi Indonesia. Masyarakat beserta pemerintah harus selalu terlibat untuk mengedepankan perindustrian musik tanah air.

"Ini juga harus dilihat sebagai bagian dari ekosistem musik, sektor pribadi, pemerintah juga. Ini harus berjalan bersamaan, baru industri musik bisa berjalan dengan baik," tegas Glenn. (Ikh).

Baca pula pendapat Glenn Fredly tentang Yon Koeswoyo pada artikel Glenn Fredly; Yon Koeswoyo Mendengarkan Musik Saya.

#Yon Koeswoyo #Glenn Fredly #Yockie Suryoprayogo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan