Selebritas Dunia

Glenda Jackson, Aktris Terbaik 2 Piala Oscar, Meninggal Dunia

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 16 Juni 2023
Glenda Jackson, Aktris Terbaik 2 Piala Oscar, Meninggal Dunia
Aktris Glenda Jackson meninggal dunia dalam usia 87 tahun setelah sakit menahun. (Foto: instagram/@vivienwalsh)

BERITA duka menggelayuti dunia perfilman Hollywood. Aktris Glenda Jackson meninggal dunia dalam usia 87 tahun pada Kamis (15/6). Dilansir dari laman CNN, Jackson wafat setelah berjuang melawan penyakit yang diidapnya.

PA Media sebagai agensi yang menaunginya pun telah mengonfirmasi kabar tersebut. "Hari ini kita kehilangan salah satu aktris terhebat di dunia dan aku telah kehilangan seorang sahabat selama lebih dari lima puluh tahun," kata Lionel Larner, agen Jackson kepada people.com.

Aktris bernama lengkap Glenda May Jackson ini lahir di Birkenhead, Inggris, pada 1936. Ketika masih remaja, ia pernah bergabung dengan grup teater amatir.

Berbekal kepintarannya, ia pun berprestasi dengan berhasil mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di Royal Academy of Dramatic Art yang berlokasi di London. Setelah lulus, Jackson tampil di teater West End di London. Jackson debut di panggung teater Broadway dan berperan dalam Marat/Sade pada 1966 silam.

Baca juga:

'Killers of the Flower Moon' Digadang akan Catat Sejarah Baru di Oscar

glenda jackson
Marry, Queen of Scots (1971) menjadi pembuktian akting Jackson saat itu. (Foto: Instagram/@tudor.gowns)

Tak hanya itu, Glenda Jackson kemudian melebarkan sayapnya dengan menjadi bintang film. Beberapa film yang pernah diperankannya adalah Women in Love (1970), Sunday Bloody Sunday (1971), dan Marry, Queen of Scots (1971).

Kariernya yang cukup gemilang membuat Jackson pernah menggaet dua Piala Oscar dari ajang Academy Awards untuk kategori Best Actress. Film-film yang membawanya memenangkan piala tersebut adalah Women in Love (1970) dan A Touch of Class (1973).

Jackson juga pernah membawa pulang piala British Academy Television Award (BAFTA) untuk kategori Best Actress in a Leading Role berkat perannya di Sunday Bloody Monday (1971). Glenda Jackson juga beberapa kali mendapatkan penghargaan dari serial televisi.

Baca juga:

Kembali ke Malaysia, Michelle Yeoh Bawa Piala Oscar untuk Ibunya

Penghargaan dari serial televisi itu ia dapatkan dari serial Elizabeth R (1971) dan piala dari BAFTA dari serial Elizabeth Is Missing.

Dari dua serial itu pula ia menambah dua piala Primetime Emmy Awards. Jackson juga pernah mendapatkan penghargaan dari Tony Awards untuk kategori Best Actress in a Play berkat perannya di Three Tall Women (2018).

Selain aktif di dunia akting, Glenda Jackson mencoba peruntungannya dengan menjadi seorang politisi. Jackson memutuskan untuk rehat sebagai aktris pada 1992 hingga 2015 untuk fokus berpolitik.

Ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Parlemen Negara untuk Transportasi periode 1997-1999 di bawah kepemimpinan mantan Perdana Menteri Tony Blair. Kemudian, Jackson menjadi anggota parlemen untuk Hampstead dan Kilburn pada periode 1992-2015.

Tulip Shiddiq Koleganya di jalur politik, menyebut Jackson sebagai seorang politisi tangguh dan aktris yang luar biasa.

"Mentor yang sangat mendukung saya. Hampstead dan Kilburn akan merindukanmu Glenda,” urai Siddiq. (dgs)

Baca juga:

Gaya Eksentrik di After Party Oscars 2023

#Selebritas #Oscar #Aktris Hollywood
Bagikan
Bagikan