Girls! Tidur 8 Jam Sehari Bisa Membuatmu Lebih Cantik, Ini Penjelasan Ilmiahnya Tidur cukup 8 jam sehari bisa membuat kamu lebih cantik (Foto: pixabay/melancholiaphotography)

SETIAP perempuan tentunya ingin terlihat lebih cantik. Tak ayal berbagai cara kerap dilakukan oleh kaum hawa demi tampil sempurna dan percaya diri.

Namun untuk terlihat lebih cantik, tak melulu soal perawatan dengan biaya selangit. Karena agar terlihat lebih cantik cukup dengan tidur 8 jam setiap hari, maka daya tarik kamu akan lebih terpancar.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, Berikut ini beberapa manfaat positif jika dari tidur yang cukup setidaknya delapan jam sehari.

1. Terlihat Lebih Muda

Wajah kamu akan terlihat lebih muda jika tidur cukup setiap harinya (Foto: pixabay/jonas-svridas)

Jika kamu kurang tidur, maka dapat membuat mata terlihat bengkak dan kulit wajah menjadi pucat. Efeknya pun bertambah parah jika hal itu terus-menerus dilakukan.

Maka akan muncul garis-garis halus serta lingkaran hitam dibawah mata dan kulit, yang tampak kusam. Selain itu, kolagen dan zat protein yang membuat kulit kenyal dan halus, juga akan dirusak oleh hormon stres kotrisol, yang dikeluarkan oleh tubuh saat kamu kurang tidur.

Sebaliknya nih girls, jika kamu tidur cukup 8 jam sehari, maka tubuh kamu akan memproduksi kolagen serta hormon pertumbuhan yang dapat memperbaiki sel serta jaringan kulit.


2. Kantung Mata dan Garis Halus Berkurang

Wajah akan lebih bercahaya dan garis halus berkurang jika tidur cukup (Foto: pixabay/nastya_gepp)

Kamu dapat memudarkan kantung mata dengan tidur yang nyenyak. Begitu juga dengan garis-garis halus atau kerutan pada wajah.

Kedua kondisi itu dapat tersamarkan, karena disaat kamu tidur, tubuh melakukan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, termasuk kulit.

Efek positifnya jika kamu tidur cukup setidaknya 8 jam sehari, yaitu kamu akan terbangun dengan kulit wajah yang bercahaya.


3. Memperbaiki Kulit Wajah

Dengan tidur cukup, proses perbaikan jaringan kulit dapat berjalan optimal (Foto: pixabay/ivanovgood)

Usai beraktifitas seharian terpapar sinar matahari dan polusi, kulit pun menjadi tak sehat. Tidur yang cukup bisa membuat proses perbaikan jaringan kulit berjalan optimal.

Hal itu lantaran asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah ke kulit ketika kamu tidur akan meningkat. Penelitian pun menunjukan jika tidur malam yang cukup bisa memperlambat dan mencegah penuaan dini pada kulit


4. Tubuh Langsing

TIdur cukup bisa membuat tubuhmu makin langsing (Foto: pixabay/nastya_gepp_

Tahukah kamu jika kurang tidur bisa memicu berat badan bertambah? Hal itu karena kondisi tersebut membuat kamu ingin mengonsumsi apapun dengan kalap ketika begadang.

Tubuh pun akan memproduksi lebih banyak ghrelin (hormon yang membuat kamu merasa lapar) dan lebih sedikit leptin (hormon yang membuat kamu merasa kenyang) disaat kamu kurang tidur.

Kondisi kurang tidur pun dapat membuat metabolisme tubuh kamu menjadi kacau. Hingga kemampuan tubuh memecah zat-zat makanan menjadi energi terhambat. Alhasil, zat-zat itu menumpuk menjadi lemak. Tapi hal itu tak akan terjadi jika kamu cukup tidur

Nah itu dia girls manfaat jika kamu tidur cukup setidaknya 8 jam sehari. Semoga bermanfaat yah. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH