Kecantikan

Girls! Cara Aman Panjangkan Bulu Mata

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 15 September 2022
Girls! Cara Aman Panjangkan Bulu Mata
Bulu mata panjang tentu akan berpengaruh terhadap penampilan dan rasa percaya diri, tapi harus tetap melindungi mata dari debu dan kotoran ringan. (freepik/valuavitaly)

MESKI berpengaruh terhadap penampilan dan rasa percaya diri, bulu mata umumnya berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau kotoran ringan. Jika bulu mata memendek atau mengalami penipisan, fungsi perlindungan tentunya tidak akan bekerja secara maksimal.

Beragam cara memanjangkan bulu mata dapat dilakukan, mulai dari pemberian obat hingga perawatan sederhana di rumah. Untuk mendapatkan bulu mata yang tebal dan panjang, cara yang digunakan haruslah tepat dan benar.

Melansir dari laman Vogue, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bulu mata yang panjang dan tebal.

Baca Juga:

Rekomendasi Aplikasi untuk Alis, Eyeshadow, dan Warna Rambut Sempurna

mata
Castol oil mengandung ricinoleic acid yang memiliki peranan dalam pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. (freepik/valuavitaly)

Menggunakan obat-obatan dari dokter

Untuk memanjangkan bulu mata, dokter dapat memberikan bimatoprost, yaitu obat yang biasanya digunakan untuk mengobati glaukoma. Selain mengobati glaukoma, obat ini diketahui mampu mengatasi berbagai gangguan dermatologi, terutama pada bulu mata dan alis.

Bimatoprost sendiri mirip dengan bahan kimia alami tubuh, yaitu prostaglandin. Jika digunakan secara rutin, obat ini akan membuat bulu mata tampak panjang, tebal, dan berwarna lebih gelap.

Namun, ada beberapa risiko efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan bimatoprost untuk memanjangkan bulu mata, diantaranya:

- Mata kering

- Mata merah dan gatal

- Kelopak mata menggelap

- Muncul kemerahan pada konjungtiva atau jaringan tipis di atas bagian putih mata

Oleh karena itu, penggunaan bimatoprost harus sesuai dengan resep dokter dan tidak boleh digunakan melebihi dosis yang telah ditentukan.

Mengoleskan minyak jarak

Minyak jarak (castor oil) diketahui memiliki kandungan yang baik untuk rambut dan kulit. Zat ricinoleic acid yang terdapat pada minyak jarak diduga memiliki peranan dalam pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak jarak dalam memanjangkan bulu mata. Oleh karena itu, penggunaan minyak jarak ini sebaiknya dikonsultasikan lebuh dulu dengan dokter.

Selain itu, ada beberapa bahan yang dipercaya dapat memanjangkan bulu mata, seperti petroleum jelly, teh hijau, lidah buaya, dan minyak zaitun. Namun, bahan-bahan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanannya.

Baca Juga:

4 Alternatif Penggunaan Lipstik Selain untuk Bibir

mata
Selain menjaga kebersihan daerah mata, hindari menarik bulu mata dengan penjepit bulu mata karena membuatnya rontok dan patah. (freepik/lookstudio)

Rawat bulu mata

Untuk menjaga bulu mata tetap sehat, lebat, dan panjang, kamu perlu merawatnya secara rutin dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara tepat merawat bulu mata:

- Bersihkan maskara yang menempel di bulu mata saat hendak tidur.

- Gantilah produk maskara setiap 3–6 bulan sekali untuk menghindari kontaminasi bakteri dan virus.

- Gunakan penjepit bulu mata secara lembut dan jangan menariknya guna mencegah kerontokan bulu mata.

- Usahakan tidak mencabut bulu mata atau menggosok mata, karena bisa membuat bulu mata patah dan lepas dari akarnya.

- Hentikan penggunaan kosmetik untuk area sekitar mata, jika mengalami reaksi alergi atau iritasi.

Memanjangkan bulu mata dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun, jangan lupa bahwa fungsi utama bulu mata adalah sebagai pelindung mata dari benda asing. Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat kesehatan bulu mata.

Jika berbagai cara memanjangkan bulu mata yang kamj lakukan justru berdampak buruk dan menimbulkan kerusakan pada bulu mata, segera ke dokter agar dapat segera ditangani. Selain itu, dokter juga dapat menyarankan cara memanjangkan bulu mata yang sesuai kondisi bulu matamu.(DGS)

Baca Juga:

Panduan Membuat Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

#Kecantikan #Bulu Mata
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan