Girl Power, Begini Lika-Liku Tokoh Perempuan di Komik Donal Bebek

Serial kartun Donald Duck memang menempatkan laki-laki sebagai karakter utama dalam komik. Meski begitu, eksistensi tokoh perempuan tak bisa dianggap sebelah mata.

Baca juga: Lewat Tangan Dingin Don Rosa Donal Bebek Tercipta, Bagaimana Kisahnya?

Keberadaan karakter-karakter perempuan di komik Donal Bebek memainkan peranan penting dan membuat jalan cerita semakin menarik. Berikut karakter perempuan pada komik dan serial Donal Bebek.

1. Donna Duck

Donal Bebek
Caption

Donna Duck merupakan cinta pertama Donald Duck. Penampilan pertama Donna Duck bisa kita saksikan di film animasi pendek "Don Donald" (1937). Film disutradarai Ben Sharpsteen itu memperlihatkan momen pertama kalinya Donald jatuh cinta dengan sosok perempuan.

Dalam cerita itu Donald melakukan perjalanan ke Meksiko untuk menghadiri pengadilan seekor bebek yang terlihat seperti versi perempuan dirinya.

Donna Duck kemudian digantikan Daisy Duck. Spekulasi pun bermunculan ketika tokoh Daisy muncul.

Daisy diperkenalkan pada tahun 1937 sebagai Donna Duck. Di sisi lain banyak pihak meyakini Donna dan Daisy dua karakter sepenuhnya berbeda. Namun, fakta The Walt Disney Company merilis pin kolektor (1999) menyatakan, "Daisy Duck debut sebagai Donna Duck 1937," menguatkan fakta keduanya merupakan karakter sama.

2. Daisy Duck

Donal Bebek
Caption

Daisy Duck karakter kartun diciptakan pada tahun 1940 sebagai pacar Donald Duck. Daisy digambarkan sebagai bebek putih berbulu mata besar dan bulu ekor mengacak-acak untuk membuat roknya naik. Ia sering terlihat mengenakan pita, blus, dan sepatu bertumit tinggi.

Sejak awal kemunculannya, Daisy langsung tertarik pada Donald. Cintanya begitu mendalam terlihat di serial Donald's Dilemma. Dalam cerita tersebut Daisy hampir saja akan bunuh diri setelah Donald melupakannya.

Meski cintanya begitu dalam, mereka sering terlibat cekcok. Daisy lebih cerdas daripada Donald dan seringkali merasa frustrasi dengan ketidakdewasaan Donald.

Masalah itu membuat hubungan mereka putus-nyambung, terutama dalam seri komik. Ketika berkelahi atau putus dari Donald, Daisy akan pergi berkencan dengan saingan Donald, Gladstone Gander.

3. April, May, dan June

Donal Bebek
Caption

April, May, dan June tak lain tiga keponakan kembar Daisy Duck. Mereka diciptakan Carl Barks pertama kali muncul dalam cerita Flip Decision diterbitkan Walt Disney's Comics and Stories # 149 (Februari 1953).

Menurut cerita tersebut, mereka tinggal di Duckburg dengan orang tuanya, meskipun sosok orang tuanya tidak muncul dalam komik.

Ketika mereka muncul di pertemuan keluarga, orang tua mereka tidak pernah hadir dan mereka biasanya menemani Daisy.

Dalam beberapa cerita (sebagian besar Belanda), mereka tinggal bersama dengan bibinya. Di komik lain, mereka digambarkan hanya mengunjungi sekali waktu Daisy. Mereka kerap dipasangkan dengan keponakan Donald (Huey, Dewey, dan Louie Duck) yang sesekali musuhan, berteman, dan kadang menjalin asmara.

Baca juga: Gerombolan Siberat, Penjahat Selalu Sial Musuh Donal Bebek

4. Goldie O'Gilt

Donal Bebek
Caption

Goldie O'Gilt atau Goldie Glittering meraupakan kekasih rahasia Scrooge atau dikenal Paman Gober. Karakter gubahn Carl Barks tersebut muncul di cerita Back to the Klondike (Paman Gober # 2, Maret 1953).

Dalam serial tersebut, diceritakan asal-usul Goldie sebagai penyanyi di Dawson City. Goldie pemilik beruang liar bernama Blackjack nan dilaith khusus untuk menyerang "pencuri", kata Goldie sendiri dalam Back to the Klondike.

Barks hanya menggunakan karakternya satu kali, tetapi hubungan Goldie dan Paman Gober diangkat dan diperluas di dalam cerita. Salah satunya, saat ditangani Don Rosa dalam cerita, The Life dan Times of Scrooge McDuck dan Last Sled to Dawson.

Di cerita tersebut, menyiratkan Scrooge dan Goldie saling jatuh cinta, tetapi tidak pernah mengungkapkan perasaan cinta mereka, dan akhirnya terpisah ketika Gober melakukan perjalanan ke seluruh dunia dan menjadi seorang triliuner, sementara Goldie tetap di Dawson.


5. Brigitta MacBridge

Donal Bebek
Caption

Brigitta MacBridge karakter pendukung dibuat Romano Scarpa di Italia. Sosoknya pertama kali muncul di The Last Balaboo (Topolino # 243, Juli 1960) sebagai pasangan Paman Gober. Ketika karakternya pertama kali muncul pada tahun 1960, hubungannya dengan Paman Gober telah dimulai pada tahun 1930.

Hubungannya tidak dimulai dengan baik. Paman Gober pada saat itu sudah diisolasi dari keluarganya bereaksi sinis ketika mendengar Brigitta menyatakan perasaannya.

Paman Gober membelikannya mantel bulu mahal dan sebagai gantinya memintanya untuk tidak pernah mengganggunya lagi.

Upaya tersebut tidak berhasil karena Brigitta benar-benar mencintai Gober. Selama beberapa dekade ia telah mencoba berbagai cara untuk membuat Paman Gober kembali mencintanya. Salah satu upayanya termasuk membuntutinya, dan halitu sangat membuat marah Gober.

Demi membuat Gober terkesan, Brigitta mendirikan bisnisnya sendiri dan terkadang bertindak sebagai saingannya. Ia terbukti memiliki kemauan kuat dan terampil.

Sejak awal, Scarpa memberikan petunjuk Gober sebenarnya tertarik pada Brigitta tetapi tidak terobsesi.

Meski sering berpura-pura tak memiliki perasaan lebih, ketika Brigitta mendapat masalah Paman Gober selalu ada untuk membantunya. Paman Gober pun kadang-kadang melindunginya dari bahaya.

Terlepas dari kenyataan Brigitta MacBridge dan Glittering Goldie sama-sama mencintai Gober McDuck, kedua perempuan sangat berbeda ini tidak pernah berselisih.

Namun, di dalam cerita Arriva Paperetta Yè-Yè, Brigitta merasa sangat sedih ketika melihat Gober dan Glittering bersama untuk sesaat.

Glittering kemudian menghiburnya dan kembali membuatnya nyaman. Brigitta berterima kasih atas kata-kata ramah Glittering dan memanggilnya teman.

6. Magica De Spell

Donal Bebek
Caption

Magica De Spell karakter fiksi dari Scrooge McDuck Universe. Ia merupakan seorang penyihir Italia gubahan Carl Barks. Magica terus-menerus mencoba mencuri koin dimiliki Paman Gober. Ia meyakini koin tersebut memainkan peran penting dalam mendapatkan kekayaan luar biasa Gober.

Magica tinggal di lereng Gunung Vesuvius, di sebelah Napoli, Italia. Motivasi utamanya mencuri koin milik Gober dan mencairkannya di api gunung berapi untuk mengubahnya menjadi jimat magis. (avia)



Baca juga: Fakta dan Silsilah Keluarga Donald Bebek Belum Kamu Ketahui!


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho