Game

Gim Buatan Developer Indonesia 'Samudra' Dapat Penghargaan Unity for Humanity

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 20 Maret 2021
Gim Buatan Developer Indonesia 'Samudra' Dapat Penghargaan Unity for Humanity
Jadi developer pertama asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan Unity for Humanity. (Foto: Khayalan Arts)

PATUT diacungi jempol, gim garapan developer Indonesia Khayalan Arts, Samudra menjadi gim pertama di Asia Tenggara yang masuk dalam program Unity for Humanity, program yang dibuat dengan kolaborasi bersama Unity Social Impact untuk membangun para kreator dalam menginspirasi perubahan.

Dilansir dari laman IGN, Khayalan Arts yang menangkan penghargaan dari Unity for Humanity mendapatkan hadiah berupa uang dan mentorship, serta diberikan bantuan secara teknis lebih lanjut untuk memperkaya pengalaman dalam Unity. Kemenangan ini merupakan kali pertama bagi developer dari Indonesia yang menang pada program Unity for Humanity.

Baca juga:

Event 'Gamescom' Digelar Secara Hybrid Digital dan On-Site pada 2021

Samudra menjadi satu gim yang menangkan penghargaan Unity for Humanity, dengan kandidat lain yang mengekor di antaranya Ahi Ka Rangers dari Selandia Baru dengan gim yang bertemakan budaya Maori, Future Aleppo gim yang menjelaskan kehidupan dalam membangun rumah di Syria, serta Dot's Home dan Out America, kedua gim yang memberikan komentar sosial dalam Amerika di zaman modern ini.

Digarap menggunakan ilustrasi gambar bertemakan dystopia, Samudra adalah gim platformer puzzle dua dimensi, di mana gim tersebut menceritakan tentang petualangan anak kecil yang tenggelam di dasar laut yang penuh polusi. Anak tersebut akan bertemu dengan makhluk laut menyeramkan, serta mencari tahu motif dari si "penghuni permukaan" dalam membuat polusi laut dengan menumpukkan sampah tak terurai.

Baca juga:

Trailer Zero Crisis Finale Fortnite Digarap oleh Russo Brothers

Memiliki arti yang dalam, Samudra menjelaskan kepada para pemain serta penikmat gim indie bahwa kita semua harus membangun awareness dalam kehidupan di bawah laut. Serta perjalanan si anak kecil yang mencerminkan perjuangan dalam mental health di gim garapan Khayalan Arts ini.

Poster terbaru Samudra dengan lencana pemenang Unity for Humanity. (Foto: Khayalan Arts)
Poster terbaru Samudra dengan lencana pemenang Unity for Humanity. (Foto: Khayalan Arts)

Perjalanan dalam membuat gim Samudra selama dua tahun tersebut, ternyata dibarengi dengan kolaborasinya bersama badan amal konservasi non-pemerintah. Nantinya, sebagian penghasilan dari proyek Samudra ini akan diberikan kepada aktivis lingkungan dengan visinya untuk mengurangi penggunaan plastik di Indonesia sebanyak 70 persen pada 2025.

Hadir di PC pada Juni 2021, kamu bisa beli dan unduh gim Samudra pada laman Steam. Khayalan Arts juga membuka laman resmi Samudra untuk kamu yang ingin mengunduh gimnya, atau membantu proyek gim tersebut dengan berdonasi. (dnz)

Baca juga:

Siap-Siap Klaim Banyak Gim Seru di Play at Home 2021

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan