Gibran Ungkap Penyebab Kota Solo Kebanjiran Wisatawan saat Libur Imlek 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 13 Februari 2023
Gibran Ungkap Penyebab Kota Solo Kebanjiran Wisatawan saat Libur Imlek 2023
Warga memadati kawasan Pasar Gede Solo saat perayaan Imlek 2023. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata saat libur panjang Imlek 2023. Hal ini terlihat dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batik saat libur Tahun Baru Cina itu.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, pemasangan ornamen-ornamen Imlek berupa ribuan lampion dan 12 shio menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Hal itu membuat Solo kebanjiran wisatawan saat libur Imlek 2023.

Baca Juga

FX Rudy Duga Ada Upaya Menjatuhkan Gibran dan Pembusukan PDIP

"Kota Solo juga menggelar pesta kembang api. Pada malam pergantian tahun Imlek. Wisatawan banyak datang," kata Gibran, Minggu (12/2).

Dia mengatakan banyaknya wisatawan juga berdampak pada meningkatnya omzet UMKM yang berjualan di kawasan lampion sepanjang Jalan Jenderal Sudirman (Jensud).

Dia juga mengapresiasi TNI/Polri yang turun menjaga keamanan selama kegiatan Natal dan Tahun Baru 2023 serta Imlek 2023.

"Pemkot Solo mengizinkan semua acara keagamaan menggunakan kawasan Jalan Jend Sudirman sampai Jalan Jend Urip Sumoharjo. Ini bagian dari sebutan Solo sebagai Kota Toleran," kata dia.

Baca Juga

Gibran Nyatakan Ingin Bertemu Fraksi PDIP DKI Menyoal Bursa Cagub

Gibran memperkirakan perekonomian Kota Solo tumbuh 5,8 persen sampai 6,2 persen sepanjang 2022. Pertumbuhan ekonomi Kota Bengawan kemungkinan paling tinggi se-Jateng dan di atas rata-rata nasional.

"Ada berita baik setelah Februari 2023. Pertumbuhan ekonomi di Kota Solo ini diprediksi 5,8 sampai 6,2 persen," katanya.

Dia menyebut data pertumbuhan ekonomi itu sangat tinggi di atas rata-rata nasional dan mungkin bisa paling tinggi se-Jateng.

"Ini harus kita syukuri. Meskipun pertumbuhan ekonomi Kota Solo tinggi. Masih ada sejumlah PR bagi Kota Solo, antara lain inflasi di Kota Solo yang tergolong tinggi," papar dia.

Dia menambahkan banyak pengamat serta pimpinan politikus menyebut 2023 gelap dan semua harus siap dengan krisis. Ia optimistis Kota Solo ekonominya akan tumbuh. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Gibran Mendadak ke Jakarta Usai Masuk Penjaringan Cagub DKI

#Kota Solo #Wali Kota Solo #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan