Gibran Terbitkan Aturan Bolehkan PTM hingga Pembukaan Tempat Wisata

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 31 Agustus 2021
Gibran Terbitkan Aturan Bolehkan PTM hingga Pembukaan Tempat Wisata
Sejumlah siswa dilakukan vaksinasi di RSUD Bung Karno. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah kembali melonggarkan sejumlah aturan. Aturan yang dimaksud adalah diperbolehkannya pembelajaran tatap muka (PTM), resepsi pernikahan, hingga pembukaan tempat wisata.

Hal itu dilakukan setelah terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang PPKM Jawa-Bali 31 Agustus-6 September, Kota Solo turun Level 3. Pelonggaran tersebut ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor 067/2685 tentang PPKM Level 3 COVID-19

Ketua Satgas COVID-19 Kota Solo Ahyani mengatakan, ada sejumlah pelonggaran yang tertuang dalam SE Wali Kota terbaru. Pelonggaran itu di antaranya dibukanya fasilitas umum (fasum) dan sarana dan prasarana olahraga.

Baca Juga:

Solo Raya Turun Level 3, Gibran Siapkan PTM Terbatas

"Acara resepsi juga kita bolehkan, tetapi syaratnya hanya 20 orang dan diadakan di gedung pertemuan. Tidak boleh diadakan di balai kampung," kata Ahyani pada Merahputih.com, Selasa (31/8).

Dikatakannya, untuk pasar non-esensial jam operasionalnya sekarang sampai pukul 17.00 WIB dari sebelumnya sampai pukul 15.00.WIB. Kapasitas pengunjung 50 persen.

 Ketua Satgas COVID-19 Ahyani. (MP/Ismail)
Ketua Satgas COVID-19 Ahyani. (MP/Ismail)

"Warung makan, rumah makan, kafe, mal, pusat perbelanjaan, dan PKL kita dibolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB. Makan di mal sudah boleh dengan kapasitas 25 persen dan durasi makan hanya 30 menit," kata dia.

Ia menambahkan, tempat wisata juga boleh dibuka. Catatan hanya tempat wisata terbuka seperti Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan Taman Balai Kambang. Namun demikian, uji coba dilakukan terlebih dulu dengan kapasitas pengunjung 25 persen.

Baca Juga:

ASN Protes Tunjangannya Dipotong, Gibran: Sudah Saya Selesaikan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, PTM di Solo sudah diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 50 persen. SDLB dan SMPLB kapasitas maksimal 62 persen. Sedangkan PAUD kapasitas maksimal 33 persen dan maksimal 5 peserta didik per kelas.

"September besok sudah bisa dimulai kembali sekolah tatap muka. Untuk masalah vaksin usia 12 - 16 tahun (pelajar) bisa dilakukan paralel. Jadi tidak perlu nunggu semua divaksinasi dulu,” tutup Gibran. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gibran Bakal Berlakukan Sertifikat Vaksin di Kampus dan Balai Kota

#Kota Solo #COVID-19 #Belajar Tatap Muka #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan