Gibran Sowan ke Mantan Rival Sebelum Mendaftar KPU, Purnomo: Soal Pilihan Rahasia Mantan bakal cawali yang diusung DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pasangan bakal cawali dan cawawali Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa yang diusung PDIP akan menemui Achmad Purnomo untuk meminta restu sebelum mendaftar ke KPU, Jumat (4/9). Hal itu diungkapkan Purnomo setelah diberitahu dari DPC PDIP Solo.

"Ya benar, ada pemberitahuan dari DPC PDIP Solo kalau Gibran-Teguh akan datang ke rumah," ujar Purnomo di Balai Kota Solo, Kamis (4/9).

Baca Juga:

Calon Penantang Gibran Naik Kuda Saat Daftar ke KPU Solo

Purnomo mengaku sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan tamu Gibran-Teguh. Tempat duduk telah disiapkan sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Ia menegaskan, sesuai pemberitahuan yang diterimanya dari DPC PDIP, Gibran-Teguh datang ke rumah untuk meminta restu.

"Mereka (Gibran-Teguh) datang ke rumah untuk meminta restu saya sebelum mendaftar ke KPU besok Jumat. Saya dianggap tokoh masyarakat senior," kata dia.

Mantan bakal cawali yang diusung DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo menerima surat penolakan mundur di Pilwakot Solo. (MP/Ismail)
Mantan bakal cawali yang diusung DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo menerima surat penolakan mundur di Pilwakot Solo. (MP/Ismail)

Purnomo menerima keduanya dengan baik jika benar nanti datang ke rumah minta dukungan. Apalagi, keduanya datang ke rumah sebagai pasangan cawali dan cawawali sehingga akan diterima dengan baik.

"Siapa pun yang mau sowan di rumah termasuk Gibran-Teguh silakan, saya terima dengan baik," katanya

Ditanya terkait sikap politik akan memilih pasangan Gibran-Teguh pada 9 Desember mendatang setelah mereka meminta restu, Purnomo menegaskan secara politis sebagai kader PDIP otomatis memberikan dukungan. Namun, soal pilihan bebas dan rahasia.

"Soal pilihan (TPS) kan bebas dan rahasia tergantung masyarakat. Saya hanya mengajak masyarakat tetap bersatu dan guyup rukun," kata dia.

Baca Juga:

Gibran Tiru Gaya Jokowi-FX Rudy saat Pilwalkot Solo 2010

Ia menambahkan, setelah gagal mendapatkan rekomendasi dari PDIP, tidak ada partai yang mendekati maju Pilwakot Solo, termasuk PKS.

Purnomo menegaskan, peluang maju tertutup karena semua parpol di DPRD Solo merekomendasikan pasangan Gibran-Teguh.

"Saya menolak dengan halus (PKS) karena sudah tidak bisa mengusung calon. Semua parpol di DPRD mendukung Gibran-Teguh," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Visi-Misi Gibran-Teguh, Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Akibat COVID-19


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH