Gibran Sebut Wujud Jabatan Gubernur Masih Krusial

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 03 Februari 2023
Gibran Sebut Wujud Jabatan Gubernur Masih Krusial
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wacana penghapusan pemilihan langsung gubernur dan jabatan gubernur mengemuka. Hal itu bermula dari usulan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pun angkat suara, dengan menegaskan jabatan gubernur sangat krusial, terutama dalam mengkoordinir kepala daerah tingkat wali kota atau bupati.

Baca Juga:

Saan Mustopa Sebut Butuh Kajian Mendalam Soal Wacana Penghapusan Jabatan Gubernur

"Pemkot Solo selama ini kerap dibantu gubernur dalam menyelesaikan sejumlah persoalan terkait koordinasi antar daerah. Jadi keberadaan gubernur masih krusial," kata Gibran, Jumat (3/1).

Dia mengatakan selama ini jika koordinasi antar wilayah bupati dan wali kota di Soloraya terjadi kendala. Ia pun sambat kepada Gubernur Ganjar Pranowo untuk ikut membantu menyelesaikannya.

Baca Juga:

Wacana Hapus Jabatan Gubernur Dinilai Kontraproduktif

"Kami dapat arahan gubernur kalau misalkan koordinasi antar wilayah tidak jalan. Saya sambate (lapor) kepada gubernur. Diselesaikan Pak Gubernur," kata dia.

Menurut dia, apabila tidak ada pejabat gubernur akan menyulitkan pemerintah kota atau pemerintah kabupaten. Salah satunya koordinasi antar wilayah kota/kabupaten.

"Pejabat gubernur harus tetap ada. Karena sangat penting sebagai puncak pimpinan daerah," tegas dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi Tanggapi Wacana Penghapusan Jabatan Gubernur

#Pemkot Solo #Gubernur #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan