Gibran Restui Kaesang Bangun Museum Persis Solo di Stadion Sriwedari

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 04 Februari 2022
Gibran Restui Kaesang Bangun Museum Persis Solo di Stadion Sriwedari
Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah akan dilengkapi bangunan museum Persis Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Selepas membawa Persis Solo juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1, Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS), Kaesang Pangarep membuat terobosan baru dengan merencanakan membangun museum Persis Solo. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung sport tourism.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona mengatakan, pihaknya berencana memaksimalkan seluruh aset-aset yang berkaitan dengan sport tourism. Salah satunya adalah membuat museum Persis Solo di lokasi Stadion Sriwedari.

Baca Juga

Manajemen Persis Solo Gandeng Pemkot untuk Realisasikan Sport Tourism

"Kami pilih Stadion Sriwedari karena memiliki nilai sejarah menjadi daya tarik tersendiri bersama Balai Persis Solo dan beberapa kawasan lain," kata Bryan, Jumat (4/2).

Dikatakannya, untuk Stadion Sriwedari dan Balai Persis Solo merupakan aset milik Pemkot Solo. Untuk itu pihaknya harus mengajukan izin terlebih dulu pada Wali Kota Solo.

"Kami ingin memaksimalkan aset Pemkot Solo dan Persis Solo untuk menunjang sport tourism. Dalam hal ini bisa Sriwedari, Manahan, Balai Persis, dan Persis Store yang akan kita jual ke wisatawan,” kata Bryan.

Ia menambahkan manajemen siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pengelolaan tempat-tempat aset sepak bola Solo. Menurutnya saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh pihak-pihak berkepentingan agar pengelolaan maksimal.

"Askot dan Pemkot Solo kita gandeng bersama untuk mendukung sport tourism," ucap dia.

Baca Juga

Piala AFF U-23, Shin Tae Yong Panggil Dua Pemain Persis Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dari manajemen Persis sudah berkomunikasi terkait rencana pembangunan museum itu. Di mana dalam pemberitahuan itu, manajemen Persis Solo meminta izin pada Pemkot terkait lokasi pembangunan museum di Stadion Sriwedari.

"Kita sudah berikan izin serta dukungan. Manajemen Persis Solo juga mau meminjam aset Balai Persis tidak ada masalah," kata dia.

Suami Selvi Ananda ini memastikan pembangunan museum Persis Solo tidak menggunakan dana APBD Pemkot Solo. Pembangunan museum tersebut sumber dananya dari manajemen Persis semua.

"Saya setuju dengan rencana manajemen bangun museum itu. Anggarannya tidak ada APBD dari manajemen Persis Solo," kata dia.

Menurutnya pembangunan museum itu bagian dari mendukung sport tourism. Dengan adanya fasilitas itu, semua barang-barang bersejarah berkaitan dengan Persis Solo akan dipajang di museum Persis Solo. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Gibran Libatkan Pemain Persis Solo untuk Percepat Vaksinasi Anak

#Kaesang Pangarep #Persis #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan