Gibran Ngaku Siap Ikut Debat Sesuai Aturan KPU

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 03 Desember 2023
Gibran Ngaku Siap Ikut Debat Sesuai Aturan KPU
Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat Pilpres 2024 sebanyak 5 kali debat. Debat pertama di Kantor KPU pada tanggal 12 Desember 2023 temanya terkait dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pada debat kedua yang dijadwalkan pada tanggal 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Baca Juga:

Anies Kecewa Tak Ada Sesi Khusus Debat Cawapres

Tema debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024 adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Selanjutnya tema debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024 perihal energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 dengan tema mengenai teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Tema debat tersebut merujuk pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Setiap debat capres/cawapres akan terdiri atas enam segmen, mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga segmen penutup. Namun, tidak ada debat khusus Cawapres seperti pemilu sebelumnya.


Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengatakan, aturan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada masa kampanye Pilpres 2024 tidak menguntungkan siapa-siapa.

"Sama saja, sama saja, tidak ada yang menguntungkan siapa-siapa. Enggak, tidak menguntungkan (salah satu pihak, red.) sama saja," kata Gibran menanggapi pernyataan beberapa pengamat dan juru bicara pasangan calon lain yang menyebut format debat capres/cawapres Pilpres 2024 menguntungkan dirinya.

Di sela-sela kegiatannya di Pasar Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, Minggu, Gibran menjelaskan, apa pun ketentuan KPU terkait dengan debat antar-capres dan antar-cawapres akan diikutinya.

"Kami ikut aturan KPU. Saya juga tidak tahu update di sana seperti apa? Kami ikut saja," kata putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu.

Gibran juga mengaku sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti debat capres/cawapres.

"Sudah, sudah," katanya. (Asp)

Baca Juga:

Soroti Format Baru Debat Capres-Cawapres, TPN: Publik Sulit Lihat Kredibilitas Calon

#Pilpres 2024 #Pemilu 2024 #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan