Gibran Nekat Maju di Pilwalkot Solo, Pengamat: Bapaknya Presiden, Kans Menang Besar Pengamat Politik Ujang Komarudin (Foto: Dok Priabdi)

MerahPutih.Com - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menduga, majunya anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020, dan menantunya Bobby Nasution di Pilkada Medan lantaran sang ayah masih berkuasa.

Menurut Ujang, jika memiliki ayah seorang pejabat bahkan Presiden, maka kans untuk 'menang' sangat besar.

Baca Juga:

Majunya Dinasti Politik Jokowi Lewat Gibran dan Bobby di Pilkada Rawan Korupsi

"Apakah aji mumpung? Ya bisa dikatakan seperti itu. Karena bagaimanapun ayahnya kan seorang presiden, peluang itulah yang dimanfaatkan oleh Gibran dan Bobby untuk maju. Karena dengan posisi seperti itu kemungkinan menangnya sangat tinggi," kata Ujang kepada wartawan yang dikutip di Jakarta, Minggu (15/12).

Gibran Rakabuming dituding aji mumpung maju di Pilwalkot Solo
Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keterangan terkait spanduk dukungan yang muncul di Solo, Jawa Tengah, Senin (23/3). (MP/Ismail)

Ujang menilai, tidak ada yang salah jika seorang anak memanfaatkan nama besar orang tuanya yang masih berkuasa untuk meraih jabatan. Asalkan, anak tersebut berkualitas dan dicintai rakyat.

"Tidak ada yang salah ketika calonnya berkualitas. Di luar negeri juga banyak, tapi yang berkualitas, yang menunjukkan kapasitas dirinya yang bagus, yang bisa memimpin rakyat, dicintai rakyat," jelas dia.

Menurutnya, aji mumpung ini juga dilakukan Putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah yang disebut akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan.

"Aji mumpung itu juga dilakukan oleh anak-anak yang lain misalnya anak KH Ma'ruf yang maju di Tangsel. Jadi memang sirkulasi elitnya, sirkulasi kepemimpinannya kira-kira begitu arahnya," ucap dia.

Baca Juga:

Resmi Jadi Bakal Cawalkot Solo 2020, Gibran Tegaskan Langkah Politiknya Bukan Dinasti Politik

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDI-P Jawa Tengah, pada Kamis (12/12) siang lalu.

Sementara itu sang menantu Bobby Nasution sudah mendaftar beberapa hari sebelumnya untul menjadi calon walikota Medan.(Knu)

Baca Juga:

Maju di Pilkada, Gibran dan Bobby Nasution Dianggap Bagian Politik Dinasti Jokowi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH