Gibran Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Pasar Mebel Gilingan

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 05 Mei 2022
Gibran Minta Polisi Usut Tuntas Penyebab Kebakaran Pasar Mebel Gilingan
Pasar mebel Gilingan, Solo, Jawa Tengah terbakar, Selasa (3/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 25 los di Pasar Mebel Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, hangus terbakar, Selasa (3/5). Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka angkat suara dengan menegaskan pihaknya sudah mengetahui peristiwa kebakaran Pasar Gilingan, Banjarsari. Ia pun meminta pada Polresta Surakarta mengusut tuntas kejadian tersebut.

Baca Juga:

Anies Janji Beri Bantuan Modal Usaha Bagi Korban Kebakaran Pasar Gembrong

"Saya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan secara cepat untuk mengetahui penyebab kebakaran Pasar Mebel Gilingan," ujar Gibran, Rabu (4/5).

Putra sulung Presiden Jokowi ini menegaskan, penyelidikan kepolisian dilakukan agar persoalan tidak merembet kemana-mana dan menimbulkan isu-isu serta masalah lain yang tidak produktif.

Pemkot, dalam kejadian tersebut juga melakukan identifikasi bantuan bagi korban kebakaran Pasar Mebel Gilingan.

"Saya juga sudah menurunkan tim dari Pemkot Solo untuk mengidentifikasi bantuan yang bisa diberikan untuk mengurangi beban para korban kebakaran kebakaran," kata Gibran.

Diketahui, Pemkot berencana membangun sentra industri kecil dan menengah (IKM) mebel di Pasar Gilingan, Banjarsari, Solo pertengahan 2021. Pembangunan dimulai dengan merelokasi 60 pedagang ke eks Makam Bong Mojo usai Lebaran 1443 H. Sementara itu, sejumlah pedagang menolak rencana relokasi tersebut dan menuntut agar agar tetap bisa tetap berjualan di pasar lama setelah selesai revitalisasi.

Baca Juga:

400 Rumah dan Toko Serta 1500 Orang Jadi Korban Kebakaran di Pasar Gembrong

Sebelumnya, Kepala Damkar Surakarta, Sutarjo mengatakan enam unit armada gajah merah milik Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo dikerahkan guna memadamkan api Pasar Mebel Solo. Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

"Api berawal dari kepulan asap kemudian berubah jadi kobaran besar mengingat banyaknya bahan mudah terbakar seperti kayu," kata Sutarjo.

Ia mengatakan, saat petugas datang kondisi api sudah membesar. Mendapati hal tersebut pihaknya langsung mengerahkan enam unit armada ke lokasi kebakaran.

"Tiba di lokasi api sudah terlanjur besar sehingga sedikit terlambat untuk menangani yang sudah terbakar," kata dia.

Ia mengatakan, api sudah bisa dipadamkan 15 menit kemudian. Pihak kepolisian masih mendalami penyebab kebakaran tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut," kata dia (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gangguan Listrik Picu Kebakaran di Kawasan Pemukiman Gambir

Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan