Gibran Jamin Pendidikan Tiga Anak di Solo yang Kehilangan Orang Tuanya karena COVID-19

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 28 Juli 2021
Gibran Jamin Pendidikan Tiga Anak di Solo yang Kehilangan Orang Tuanya karena COVID-19
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wabah COVID-19 tidak hanya merugikan secara ekonomi, tetapi juga merenggut banyak nyawa. Bahkan, ada tiga orang anak di Solo harus kehilangan kedua orang tuanya karena meninggal terpapar COVID-19. Mereka adalah yakni N (16), D (14), dan R (12).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membenarkan ada tiga anak di Solo yang kehilangan orang tuanya karena terpapar COVID-19. Pemkot Solo saat ini sedang melakukan pendataan untuk memberikan bantuan.

Baca Juga

COVID-19 tak Kunjung Selesai, Gibran Ajukan Biaya Tidak Terduga Rp 110 Miliar ke DPRD

"Ya ada tiga anak di Solo yang kehilangan orang tuanya selama pandemi. Saya sudah minta pada ajudan saya untuk menyiapkan bantuan untuk diserahkan pada mereka," ujar Gibran di Balai Kota, Rabu (28/7).

Gibran tidak menjelaskan bantuan apa yang diberikan pada ketiga anak tersebut. Namun demikian, terkait pendidikan ketiga anak tersebut akan dijamin Pemkot Solo.

"Namanya bantuan ya tidak usah disebutkan. Udah disiapin sama ajudan saya," kata dia.

Nakes PMI Solo, Jawa Tengah meninggal terpapar COVID-19. (MP/Humas PMI Solo)
Nakes PMI Solo, Jawa Tengah meninggal terpapar COVID-19. (MP/Humas PMI Solo)

Gibran mengatakan ketiga anak tersebut satu saudara. Sekarang diasuh oleh adik dari ayahnya yang meninggal. Ia memastikan pendidikan ketiga anak itu akan dijamin Pemkot Solo.

"Yang penting pendidikannya kita bantu. Ke depan akan kita cari anak-anak terdampak karena orang tua meninggal karena COVID-19. Kita sortir dulu mana yang terdampak karena Corona," tutur dia.

Ia mengaku saat ini ada puluhan laporan yang masuk terkait itu. Pemkot sedang melakukan verifikasi di lapangan agar bisa ditangani segera.

"Ya kita pastikan dulu bagaimana nanti datanya. Kan angka kematian di Solo juga cukup tinggi. Yang jelas untuk adik-adik yang masih di bawah umur nanti kita bantu," katanya.

Putra sulung Presiden Jokowi ini menambahkan untuk pendataan melibatkan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Ia juga meminta ajudan turut membantu penyaluran bantuan. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Orang Tua Meninggal Akibat COVID-19, Ghifari Jadi Anak Asuh Polres Sukoharjo

#COVID-19 #Kasus Covid #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan