Gibran Gandeng Pemkot Yogyakarta Ajak Kerjasama 4 Bidang Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 08 Oktober 2021
Gibran Gandeng Pemkot Yogyakarta Ajak Kerjasama 4 Bidang Ini
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Jumat (8/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mengajak Pemkot Yogyakarta untuk bekerjasama empat sektor. Keempat sektor tersebut adalah pariwisata, kebudayaan, transportasi, dan ekonomi.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku kerjasama empat bidang itu sudah disampaikan dalam pertemuan kemarin dengan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (7/10).

Baca Juga

Turunkan Tensi Derbi Mataram, Gibran Bertukar Jersey dengan Wali Kota Yogya

"Kerjasama seperti ini kan sebenarnya sudah lama terjalin, tetapi sempat berhenti. Jadi saya ingin mem follow up," ujar Gibran pada awak media di Balai Kota Solo, Jumat (8/10).

Dikatakannya, dengan kerjasama ini baik Solo dan Yogyakarta bisa kerja sinergi lagi. Ia menilai kondisi sekarang baik Pemkot Solo dan Pemkot Yogyakarta terkesan kerja sendiri-sendiri.

"Kalau sekarang kan kerjanya sendiri. Nanti kita bahas klausul kita update bentuk kerjasama," kata dia.

Disinggung terkait adanya kerjasama kedua belah pihak yang sempat sempat dilakukan sebelumnya, Gibran mengaku sektor pariwisata.

"Saya kasih contoh misal Solo ada event SGS (Solo Great Sale) atau bulan belanja murah, nanti Yogyakarta punya event apa lagi, biar kita sinkronisasi," kata dia.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi salah satu andalan wisatawan di Solo. (MP/Ismail)
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi salah satu andalan wisatawan di Solo. (MP/Ismail)

Dengan sinkronisasi event tersebut, kata dia, hotel di Solo dan hotel di Yogyakarta terisi. Terlebih nantinya ada jalan tol Solo-Yogyakarta dan sekarang ada KRL Solo-Yogyakarta.

"Kami juga sempat membahas bagaimana Solo dan Yogyakarta bisa sama-sana branding KRL. Soalnya KRL Solo-Yogyakarta trafficnya sedang ramai banget," papar dia.

Ia berharap kerjasama ini bisa segera terealisasi secepatnya supaya wisatawan lebih banyak berkunjung ke Solo. Gibran juga menegaskan jika kerjasama terjalin akan memperbarui kalender event 2022.

"Ada atraksi baru di Solo. Kita buka event baru. Yang dulu event dianggap jenuh dan monoton, kita perbarui lagi. Apalagi kita dapat kesempatan sudah turun level 2," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Ini Sanksi 3 ASN Kepergok Gibran Makan saat Jam Kerja Pakai Sandal Jepit

#Gibran Rakabuming #Pemkot Solo #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan