Gibran Dianggap Terlalu Dipaksakan jadi Calon Wali Kota Solo Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sambangi kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jakarta, Kamis, (24-10-2019). ANTARA/Boyke Ledy Watra

MerahPutih.com - Pengamat politik Wempy Hadir menilai, munculnya Gibran Rangkabuming dinilai wajar saja kalau mau calon kepala daerah kota Solo Sebab setiap orang mempunyai hak politik yang dijamin oleh konstitusi.

Wempy melihat, perkaranya adalah Gibran tidak bisa lepas dari citranya ayahnya Joko Widodo yang merupakan presiden Indonesia dua periode.

Baca Juga

Gibran Ngotot Daftar Pilwalkot Solo Lewat DPP, Purnomo Kemungkinan Pilih Mundur

"Persepsi publik mulai muncul bahwa ini bagian dari dinasti politik," kata Wempy kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (30/10).

Wempy menjelaskan, masuknya Gibran dalam bursa calon wali kota Solo menimbulkan perdebatan. "Mulai dari kapasitas, rekam jejak dan pengalaman kepartaian. Kesannya Gibran dipaksa untuk menjadi calon wali kota," imbuh Wempy.

Wempy
Wempy Hadir

Jika dipaksakan untuk tetap menjadi calon wali kota, Wempy menyebutkan, perlu ada yang mendampingi secara khusus agar Gibran mendapatkan pengetahuan yang memadai tentang kemasyarakatan, ideologi partai dan tentang bagaimana mengelola kekuasaan.

Baca Juga

Diisukan Maju Lewat Jalur Independen, Gibran Klarifikasi ke Megawati

"Kalau lihat kemampuan Gibran, saya kira masih perlu peningkatan. Itu tadi yang saya bilang perlu ada pendampingan secara khusus untuk upgrade pengetahuan," tandas Wempy.

Diketahui, Gibran berniat maju sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada 2020. Ia berjuang supaya dapat maju dari PDI Perjuangan.

Gibran ngotot maju lewat PDIP, pengamat sebut potensi perpecahan bisa terjadi
Gibran Rakabuming usai bertemu dengan Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta Pusat (MP/Kanu)

Meski peluangnya dari partai tersebut sudah tertutup karena sudah ada nama yang terpilih, tetapi Gibran memastikan akan tetap maju dari partai berlambang banteng hitam tersebut.

Baca Juga

Gibran Bertemu Megawati Demi Rekomendasi Pilwalkot Solo, Pengamat: PDIP Bakal Pecah

Belum lama ini, Gibran juga menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri langsung di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, untuk menyampaikan keinginannya tersebut. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH