Gibran Bikin Program Vaksin Gratis, Ini Syaratnya

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 04 Juni 2021
Gibran Bikin Program Vaksin Gratis, Ini Syaratnya
Pegawai mall di Solo, Jawa Tengah mendapatkan vaksinasi corona. (MP/Ismail)

Merahputih.com - Pemerintah Kota Solo membuat program antarkan dua lansia vaksin di fasilitas kesehatan (faskes), yang mengantarkan akan mendapatkan reward vaksin gratis. Hal itu dilakukan untuk mempercepat program vaksinasi corona lansia di Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, kriteria pendamping atau pengantar lansia bisa selaku keluarga, saudara, kader kesehatan atau yang lainnya. Kemudian pendamping memiliki KTP Solo dan berusia antara 18 tahun hingga 49 tahun.

Baca Juga

Mulai Dapatkan Vaksin COVID-19, Pekerja Hiburan: Ah, Sudah Biasa Disuntik

"Kami membuat program baru berupa antarkan dua lansia vaksin di faskes, yang mengantarkan akan mendapatkan reward vaksin gratis," kata Ning dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat (4/6).

Ia mengatakan yang mengantarkan diharapkan usianya tidak sampai 50 tahun. Kalau usianya 50 tahun, nanti masuk program vaksinasi lain. Pemkot Solo, kata dia, juga mengadakan program vaksinasi baru untuk meningkatkan angka capaian vaksin lansia. Program tersebut menyasar kelompok pra lansia.

"Vaksinasi COVID-19 pada kelompok pra lansia juga kita jalankan. Antuk usia 50 tahun ke atas, bisa diakses melalui fasilitas kesehatan faskes vaksinasi di RS atau Puskesmas," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih memberikan keterangan terkait vaksinasi, Jumat (4/6). (MP/Ismail)
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih memberikan keterangan terkait vaksinasi, Jumat (4/6). (MP/Ismail)

Program antar dua lansia gratis vaksin itu, kata dia, mulai dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 17 Juni 2021. Dan sekarang sudah dilakukan persiapan.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menekankan, Pemkot Solo terus mempercepat program vaksinasi COVID-19 untuk pemulihan ekonomi. Program antar dua lansia gratis vaksin ini bagian dari mempercepat vaksinasi lansia.

"Vaksin kita kejar terus. Untuk warga yang belum divaksin atau belum dapat jadwal vaksin, tenang saja," kata Gibran. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong Dianggap Hambat Vaksinasi Gratis

#COVID-19 #Kasus Covid #Test Covid 19 #Vaksin Covid-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan