Gibran Akui Punya Utang Rp895 Juta, Bagyo Sebut Nihil Utang Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo deklarasi kampanye damai di The Sunan Hotel Solo, Jaw Tengah, Sabtu (26/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diketahu memiliki harta kekayaan senilai Rp21.152.810.130, dari hasil Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang baru saja dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (25/9).

Namun demikian, Gibran diketahui mempunyai utang senilai Rp895.586.004. Utang tersebut didapat dari hasil kredit dua rumah yang dibeli menjelang pernikahan dengan Selvi Ananda.

Baca Juga:

Gibran Dapat Nomor Urut 1, Bajo Nomor 2

"Saya memang punya utang Rp895 juta untuk KPR (kredit pemilikan rumah) dengan jangka waktu selama 10 tahun sampai 15 tahun. Jadi jangan heran jika saya juga punya utang," kata Gibran pada Merahputih.com, Sabtu (26/9).

   Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo deklarasi kampanye damai di The Sunan Hotel Solo, Jaw Tengah, Sabtu (26/9). (MP/Ismail)
Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo deklarasi kampanye damai di The Sunan Hotel Solo, Jaw Tengah, Sabtu (26/9). (MP/Ismail)

Ia mengakui, KPR tersebut diajukan jelang pernikahan bersama istrinya, Selvi Ananda. KPR tersebut sudah berjalan sekitar lima tahun. Rumah yang dibelinya secara kredit itu bukan rumah yang saat ini ditinggali bersama istri dan anaknya.

"Sebagai pengusaha punya utang itu wajar. Utangnya masih dalam tahap wajar," kata Gibran.

Ia menambahkan, harta senilai Rp21 miliar ini diperoleh dari berbagai usaha yang dijalankan bidang kuliner, jas hujan, teknologi informasi dan lainnya. Usaha makanan paling banyak mendominasi.

Baca Juga:

Catat, Visi-Misi Gibran-Teguh dan Bajo di Pilkada Solo

Cawali Bagyo Wahyono mengatakan, harta kekayaan yang didapat senilai Rp1,9 miliar dari laporan LHKPN KPK ini merupakan hasil kerja keras selama bertahun-tahun sebagai pengusaha penjahit baju pengantin. Hasil usaha ini diberikan sejumlah aset dan kendaran.

"Saya punya uang sebanyak ini hasil kerja keras. Utang sempat ada, tetapi sudah saya lunasi semua," tutup Bagyo. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gibran-Teguh dan Bajo Harus Membuka Rekening Khusus Dana Kampanye



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH