Musik
Giat Lakukan Konser dan Berbagi, Kiat Navicula Survive dari Pandemi Navicula tetap bertahan dari badai pandemi dengan terus bergerak. (Foto: Instagram/@naviculamusic)

KETIKA COVID-19 dikabarkan masuk ke dalam Indonesia pada Maret 2020, suasana panik dan bingung tentang bagaimana cara bersikap sempat dirasakan oleh unit psychedelic grunge asal Bali, Navicula. Salah satu imbasnya yang sangat dirasakan adalah kehilangan jadwal manggung.

Di awal datangnya badai pandemi, Pemerintah Indonesia langsung mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan segala rutinitas di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, dan beribadah.

Baca juga:

Film Dokumenter 'Seni Melawan Pandemi' Gambarkan Cara Navicula Bertahan

Sebagai warga negara yang baik, Navicula mengikuti imbauan tersebut. Tidak lalu kehilangan akal dan tetap berkarya, mereka pun menyiasatinya dengan membuat konser online bertajuk Corona Concert pada 20 Maret 2020. Bahkan, konser tersebut menjadi pioner konser online di Indonesia.

“Selama pandemi ini apa yang sudah kita kerjakan, pada awal pandemi kita buat konser live streaming itu masih dibulan Maret, setelah itu beberapa kali kita juga ikut mendukung kegiatan konser online yang dibuat oleh teman-teman baik di Bali maupun luar Bali,” ucap Navicula kepada Merahputih.com, Sabtu (19/12).

Corona Concert I mendapat respon baik dari para penonton dan sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 35 ribu penanyangan di kanal resmi YouTube Navicula Music. Melihat hal tersebut, Navicula melanjutkan kembali konser online bertajuk Corona Concert II.

Berbeda dengan konser pertama yang dibuat hanya untuk imbauan masyarakat agar tetap berada di rumah, konser online kedua ini, Navicula mengadakan aksi penggalangan dana untuk kebutuhan APD (Alat Pelindung Diri) seperti face shield dan masker kain, dengan menggandeng organisasi Kopernik dan beberapa sponsor.

Hingga konser berakhir, hasil dari penggalangan dana tersebut diakumulasi menghasilkan total tiga ribu face shield dan masker kain untuk masyarakat Bali.

Baca juga:

Robi 'Navicula' Ajak Masyarakat Cegah Penyebaran Virus Corona Lewat #20Detikcucicorona

Tidak berhenti sampai disitu, cara survive Navicula berlanjut dengan membuat kegiatan sosial bernama Sunday Market yang berkolaborasi bersama teman-teman dari Pasar Rakyat, Kebon Vintage dan Kopernik.

“Tujuan dari Sunday Market adalah memberi wadah untuk siapapun yang terdampak pandemi, banyak yang terkena PHK dan beralih jualan makanan, kerajinan, dan banyak lagi. Nah, Sunday Market ini memberi ruang untuk memasarkan produk mereka secara gratis,” terang band yang terbentuk sejak 1996 itu.

View this post on Instagram

A post shared by NAVICULA (@naviculamusic)

Dalam dua kesempatan di Sunday Market, Navicula berkolabroasi dengan turut menyumbangkan paket sembako untuk para pekerja panggung menggandeng Kopernik, Pasar Rakyat, Bali 2K20 Charity Run, dan Sekar Jaya Gamelan, terkumpul 450 paket sembako yang sudah didistribusikan.

Navicula bisa menjadi acuan bagi para pekerja seni, untuk tidak menyerah dan tetap bertahan dari apapun yang dihadapi, bahkan pandemi sekalipun. “Usahakan jangan berhenti bergerak, berbuat sesuatu, untuk musisi atau seniman tetap membuat karya.. memang perlu putar isi kepala, jungkir balik, tapi selalu ada harapan dan ketika bergerak niscaya terhindar dari jalan buntu,” tutup Navicula. (far)

Baca juga:

Cara Robi 'Navicula' Bertahan di Industri Musik Saat Pandemi Virus Corona

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
[HOAKS atau FAKTA]: Jambu Kristal Putih jadi Obat Ampuh Penangkal COVID-19
Fun
[HOAKS atau FAKTA]: Jambu Kristal Putih jadi Obat Ampuh Penangkal COVID-19

Postingan tersebut diposting pada 25 Januari 2021 dan disukai 2 kali.

Mengenal Kampung Muslim Loloan di Pulau Bali
Indonesiaku
Mengenal Kampung Muslim Loloan di Pulau Bali

Kampung Loloan merupakan kampung Islam terbesar di Jembrana.

Frozen Food, Penyelamat Perut di Masa Pandemi
Fun
Frozen Food, Penyelamat Perut di Masa Pandemi

Frozen food diminati banyak orang selama pandemi.

Makanan Rendah Karbohidrat yang Tidak akan Menambah Berat Badan
Kuliner
Makanan Rendah Karbohidrat yang Tidak akan Menambah Berat Badan

Konsumsi makanan cepat saji yang tak buat berat badan naik.

Trie Utami dan Tompi Hadirkan Lagu Kolaborasi 'Kamu'
ShowBiz
Trie Utami dan Tompi Hadirkan Lagu Kolaborasi 'Kamu'

Musisi ternama Trie Utami dan Tompi, menghadirkan sebuah kolaborasi spesial

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu
Fun
Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Sepatu

Salah membeli sepatu, kaki yang menjadi korban.

Stres Bisa Timbulkan Kebiasaan Bruxism
Fun
Stres Bisa Timbulkan Kebiasaan Bruxism

Dengan mencari tahu sumber stres serta mengatasinya, diharapkan kebiasaan bruxism bisa menghilang.

Aespa Tampil Futuristik di ‘Next Level’
ShowBiz
Aespa Tampil Futuristik di ‘Next Level’

Menjai single ketiga setelah Black Mamba dan Forever.

Gara-Gara 'Frozen', Kasus Misteri Terbesar di Rusia Terungkap
ShowBiz
'Tersanjung The Series' akan Tayang di WeTV
ShowBiz
'Tersanjung The Series' akan Tayang di WeTV

Tersanjung The Series akan tampil lebih baru dan fresh