'Gertakan' Cak Imin Bikin Jokowi Ketakutan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 16 Juli 2018
'Gertakan' Cak Imin Bikin Jokowi Ketakutan
Muhaimin Iskandar. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai ucapan Joko Widodo tentang sosok Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai salah satu kandidat cawapresnya adalah untuk menjaga agar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap dalam koalisinya.

Pangi mengatakan apabila PKB tidak ditarik Jokowi, maka partai yang dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU) itu mempunyai potensi membentuk poros alternatif/ketiga.

"Menarik Cak Imin adalah satu cara mematikan embrio poros ketiga. Jokowi tidak mau ada tiga poros karena bisa membahayakan dan mengancam posisi Jokowi," ujar Pangi seperti dilansir Antara.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (MP/Ponco Sulaksono)

Apabila tercipta tiga poros, kemungkinan besar suara yang didapat kurang dari 0 plus satu persen sehingga akan terjadi dua putaran.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, misalnya Pilkada DKI, dua putaran dapat mengancam posisi petahana dan banyak hal dapat berbalik.

Selain itu, Pengi menuturkan PKB memiliki modal dasar basis riil elektoral sebesar 11.298.957 atau 9,04 persen yang akan membantu membantu mendongkrak elektabilitas Jokowi.

Cak Imin pun memiliki nilai lebih sebagai representasi religius yang dekat dengan basis santri, ulama dan NU.

"Wajar Cak Imin sangat yakin bakal dipinang Jokowi jadi cawapres. 'Gertakan' Cak Imin, kalau Jokowi tidak mengambil Cak Imin, Jokowi bisa kalah," kata Pangi.

Muhaimin Iskandar

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyebut Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar termasuk dalam pilihan sebagai bakal calon wakil presiden.

Joko Widodo menjelaskan bahwa dirinya masih menimbang salah satu dari lima tokoh yang akan mendampinginya sebagai bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019. (*)

#Muhaimin Iskandar #Presiden Jokowi #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan